Lihat ke Halaman Asli

Yonathan Christanto

TERVERIFIKASI

Karyawan Swasta

#CrazyRichSurabayan, Tagar Populer Pertama yang Dijadikan Proyek Film dan Buku

Diperbarui: 27 Oktober 2018   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: twitter @FalconPictures

Kehadiran tagar atau hashtag dalam berkegiatan di media sosial nampaknya bukan lagi menjadi hal yang asing saat ini. Kegunaannya jelas mempermudah kita dalam mencari topik yang sedang hangat atau justru membantu kita menciptakan suatu topik dimana pengikut atau teman-teman kita di sosial media bisa ikut ambil bagian dalam topik tersebut.

Tak jarang, tagar juga bisa menjadi sebuah fenomena sosial media yang viral dan kemudian menjadi bahan diskusi lintas media seperti pada siaran radio, talkshow televisi, hingga mengisi kolom media cetak.

Nah, berbicara mengenai tagar sosial media yang kemudian viral dan banyak diperbincangkan di media arus utama lainnya, sebenarnya baru saja kita alami kurang lebih sebulan yang lalu.

Kala itu, publik masih hanyut dalam euforia film Crazy Rich Asians, yang tagarnya memenuhi lini masa berbagai media sosial. Sebagian besar isinya merupakan review singkat film tersebut serta komedi 'receh' yang membandingkannya dengan orang-orang super kaya asal Indonesia.

#CrazyRichSurabayan merupakan tagar "tandingan" yang kemudian muncul dan mencuri perhatian warga net twitter kala itu. Adalah akun twitter @btari_durga yang belakangan dikenal dengan nama Judith Tirza yang mengawali munculnya tagar ini.

Judith yang pernah berprofesi sebagai pengajar selama 13 tahun di sebuah sekolah untuk kalangan atas di Surabaya kemudian mencuitkan kisah nyatanya dalam bentuk anekdot yang menghibur kala bertemu dan mengobrol dengan orang tua murid yang luar biasa kaya. 

Salah satu cuitan @btari_durga (screenshot pribadi)

Perbedaan status sosial menyebabkan tingkah laku yang dilakukan para orang tua murid kalangan atas tersebut terasa begitu luar biasa dan di luar akal sehatnya, padahal mungkin hal itu biasa saja di kehidupan masyarakat kalangan atas. Beberapa cuitannya pun kemudian menjadi serial lewat thread nya yang kemudian viral karena disukai warga net. Hingga akhirnya tagar #CrazyRichSurabayan menduduki posisi puncak tagar terpopuler kala itu.

Namun yang mengagetkan adalah beberapa hari yang lalu rumah produksi Falcon Pictures memberikan pengumuman lewat laman twitter miliknya bahwa mereka memiliki dua proyek terkait tagar #CrazyRichSurabayan tersebut. Ya, tagar tersebut akan diangkat menjadi novel dan film, dimana novelnya sendiri akan dirilis akhir tahun ini sementara filmnya baru akan memasuki tahap produksi awal 2019.

Menarik untuk mengikuti proyek terbaru falcon ini, dimana proyek ini juga menimbulkan pro kontra dari warga net. Ada yang tak sabar menunggu novel dan filmnya, namun tak sedikit juga yang merasa tagar ini tidak perlu dijadikan sebuah proyek hanya karena adanya potensi bisnis besar disana.

Nah, terkait pengumuman proyek #CrazyRichSurabayan, berikut akan dibahas hal-hal menarik terkait euforia pengumuman proyek ini di media sosial. Yuk, mulai.

Film dan Novel Pertama yang Diangkat Dari Tagar

Setelah saya melakukan pengecekan singkat di internet, nampaknya memang film dan novel #CrazyRichSurabayan kelak menjadi film dan novel pertama yang diangkat dari tagar media sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline