Lihat ke Halaman Asli

Yonas Verlikal

Mahasiswa Pendidikan Olahraga

KKN Tematik UPI 2022: Menjadi Fasilitator Guna Membudayakan Hidup Sehat Melalui Aktifitas Fisik Senam Kreasi

Diperbarui: 4 Agustus 2022   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dalam rangka melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia 2022 Di Kelurahan Isola Kota Bandung, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan salah satu kegiatan hidup sehat yaitu dengan melakukan kegiatan aktivitas fisik senam kreasi. Yang dilakukan di lapangan setiap RT di lokasi KKn yaitu di RT02,04, dan 05. Kegiatan ini dilakukan tepatnya di RW01 di desa isola dengan rt yang sudah disebutkan di atas.

Kegiatan aktivitas fisik senam kreasi ini dilakukan setiap hari sabtu dan minggu. Kegiatan senam ini disasarkan kepada ibu-ibu yang ada di RT02,04,dan 05. Dan para ibu-ibu sangat antusias dalam kegiatan senam kreasi ini.

dokpri

Terbukti dengan banyak hadirnya ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan senam kreasi ini,menunjukan semangat ibu-ibu dan kesadaran ibu-ibu dalam menjaga pola hidup sehat. Seperti kita ketahui senam kreasi adalah aktivitas fisik yang banyak sekali manfaatnya yaitu kesehatan pada tubuh karena secara fisiologis dapat mengaktifkan berfungsinya organ-organ tubuh sehingga seseorang meningkat kebugarannya. 

Senam kreasi sangat cocok untuk ibu-ibu karena gerakan yang tidak terlalu membuat ibu-ibu kelelahan dan lagunya yang kekinian membuat ibu-ibu lebih semangat dalam mengikuti kegiatan.

Tidak lupa para mahasiswa dari kegiatan kuliah kerja nyata dari kelompok 23 ini mengajarkan kepada ibu-ibu tentang bagaimana cara menghitung denyut nadi istirahat,denyut nadi latihan,dan denyut nadi maksimal. Dimana hal ini berguna sekali bagi ibu ibu untuk mengetahui DNM-nya dan menjadi indikator bugar tidaknya seseorang sekaligus menjadi dasar penentuan dosis latihan atau aktivitas fisik (olahraga).

Diharapkan dari kegiatan senam kreasi ini bisa membuat ibu-ibu melakukannya dengan rutin setiap akhir pekan walaupun kegiatan KKn ini berakhir. Dan menjadi kebiasaan yang baik untuk warga RW01 di RT02,04,dan 05 di desa isola kota Bandung. Dan juga menjadi awal dari terciotanya budaya hidup sehat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline