Lihat ke Halaman Asli

Yonalisa Evelyn

Malang State University

Pound Fit Terbukti Dapat Menghilangkan Stress!

Diperbarui: 5 Mei 2023   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: DIY Active

Olahraga pound fit kini telah viral dan sangat dilirik oleh kaum urban. Pound fit adalah olahraga sejenis kardio yang pertama kali populer pada tahun 2011 dan digagas oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, mantan pemain drum yang berbasis di California, Amerika Serikat. 

Sedangkan di Indonesia sendiri pound fit populer pada tahun 2019 dikarenakan memiliki ciri khas seperti bermain drum. Pound fit biasannya dilakukan selama 15 menit dan bisa membakar kalori kurang lebih 900 kkal.

Stress dalam tubuh dapat terbentuk karena dua faktor yakni faktor internal dan eksternal, faktor internal bisa dikarenakan kondisi fisik, emosional, sedangkan faktor eksternal bisa dikarenakan beban pekerjaan yang cukup berat, kondisi lingkungan yang terlalu membebani. 

Saat stress hormon kortisol akan meningkat yang jika bertahan cukup lama akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, contohnya seperti obesitas. Obesitas jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit yang lebih parah seperti kardiovaskular, osteoarthritis, stoke.

Oleh karena itu, kita harus bisa meningkatkan hormon dopamine dan endofrin dalam tubuh untuk menurunkan hormon kortisol yang meningkat. Salah satunya dengan melakukan pound fit, dengan adanya pound fit kita bisa mengurangi stress karena olahraga ini bersifat energik yang dipercaya dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon rasa bahagia untuk seseorang. Pound fit berbeda dengan senam, senam adalah  olahraga yang dilakukan dengan menggerakan tubuh dengan gerakan tertentu dan sudah dipilih dengan seksama. Gerakan senam memiliki ritme yang dinamis dan kemudian melatih otot untuk menjadi kuat sekaligus lebih fleksibel. Sedangkan Poundfit olahraga kardio yang dilakukan dengan gerakan layaknya bermain drum menggunakan stik. Senam juga dapat menghilangkan stress namun, kebanyakan kaum urban terkini lebih melirik poundfit karena poundfit memiliki sensasi terbaru dan juga tidak monoton. Olahraga pound fit menggabungkan kardio, yoga, pilates, serta latihan conditioning dan kekuatan berolahraga yang ingin melepaskan penat dengan mengikuti irama musik sambil memukul-mukulkan ripstix. 

 Dan kebanyakan tempat pound fit akan membiarkan ripstix-nya patah saat dimainkan, karena menurut mereka hal tersebutlah yang akan menghasilkan sensasi menyenangkan selama melakukan olahraga pound fit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline