Lihat ke Halaman Asli

Yola Widya

Freelancer

Rosaline, Fakta Lain dari Romeo and Juliet

Diperbarui: 16 Februari 2023   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rosaline 2022 HULU Trailer Official

Siapa yang tak kenal dengan kisah cinta Romeo dan Juliet? Jujur saya mengenal kisah ini  sebagai cerita cinta tragis yang tidak direstui oleh keluarga. Ternyata ada plot yang selama ini terlewat padahal mempunyai peran penting dalam kisah ini. Saya baru mengetahuinya setelah menonton film Rosaline di Disney+Hotstar. Tak lain adalah Rosaline sepupu Juliet yang merupakan cinta pertama Romeo. Bagaimana saya bisa melewatkan hal sepenting ini dari sebuah cerita cinta?

Siapakah Rosaline?

Rosaline seorang Capulet yang sama sekali tidak romantis. Berlawanan dengan sepupunya Juliet yang lemah lembut sekaligus romantis. Pribadi Rosaline yang terbuka, cerdas, dan keras kepala sering membuat ayahnya kewalahan. Ayah Rosaline berusaha agar putrinya cepat menikah dengan cara menjodohkan. Di sisi lain, Rosaline malah selalu membuat ulah ketika acara perjodohan berlangsung. Sisi komedi film muncul di adegan-adegan tersebut.

Rosaline yakin jika pernikahan harus berdasarkan cinta. Dan ia malah menjalin hubungan dengan Romeo seorang Montague yang diyakini mencintai dirinya. Hubungan rumit, yang bila dilihat dari sisi hubungan kedua keluarga yang tidak akur tidak akan pernah bisa bersatu.

Film Rosaline

Film garapan sutradara Karen Maine  ini dapat disaksikan di Disney+Hotstar. Rosaline merupakan film romance komedi. Di sepanjang ceritanya banyak sekali terdapat adegan jenaka yang menggelitik. Ceritanya yang ringan dan jenaka terinspirasi dari novel "When You Were Mine" karya Rebecca Serle. Film ini dibintangi oleh Kaitlyn Dever sebagai Rosaline, Kyle Allen sebagai Romeo, Isabela Merced sebagai Juliet.  Bradley Whitford sebagai ayah Rosaline, juga Sean Teale sebagai Dario pelaut gagah yang dijodohkan dengan Rosaline. Kemudian ada suster pribadi Rosaline, Minnie Driver. Spencer Stevenson sebagai Paris sahabat Rosaline, dan kurir pesan pribadi Capulet, Nico Hiraga.

Film ini digarap berdasarkan sudut pandang Rosaline. Walaupun tidak terlalu tersorot ternyata memiliki peran penting dalam kisah asmara Romeo dan Juliet. Karena itulah ceritanya sangat menarik dan jenaka, terlebih ketika Rosaline berusaha agar Romeo kembali padanya.

 

Rosaline Cinta Pertama Romeo

Peran Rosaline dalam cerita Romeo dan Juliet tidak terlalu tersorot. Namun Rosaline merupakan peran penting sebagai cinta pertama Romeo dan jalan untuk mengenal Juliet. Kepribadian Rosaline bertolak belakang dengan Juliet yang romantis. Karakternya yang cerdas telah membuat hubungannya dengan Romeo canggung setelah pernyataan cinta pemuda itu tak dibalasnya. Menurut Rosaline, tingkah Romeo yang romantis dan penyuka puisi itu sedikit kekanak-kanakan. 

Untuk menghibur Romeo yang tersinggung, Rosaline mengundangnya ke pesta Capulet. Romeo menyanggupi karena para tamu pesta tersebut mengenakan topeng. Sialnya, ayah Rosaline mengadakan acara perjodohan pada malam yang sama. Dario datang ke rumah Rosaline dan mengajaknya naik perahu. Rosaline tak bisa menolak acara ini. Di atas perahu sempat ada adegan menggemaskan, ketika tiba-tiba hujan turun dan mereka berdua terjebak. Padahal Rosaline sedang khawatir pada Romeo yang pasti sedang menunggunya.

Sementara itu, di pesta, Romeo merasa sangat bodoh. Terutama karena ia tak bisa menemukan Rosaline. Dan juga karena semua peserta pesta mengenakan topeng, hal ini menyulitkannya. Romeo hampir menyerah ketika tanpa sengaja ia menabrak seorang wanita. Wanita itu mengenalkan diri sebagai Juliet. Sementara itu, Rosaline berusaha datang ke pesta walaupun gaunnya basah kuyup. Sayangnya, ia tak bisa menemukan Romeo di tempat tersebut.

Patah Hati

Rosaline mengirimkan surat permintaan maaf pada Romeo. Sayangnya, surat-suratnya tidak berbalas. Sampai ada adegan lucu ketika suatu hari Rosaline melihat Romeo melintasi halaman depan. Rosaline senang karena Romeo pasti akan naik ke balkon untuk menemuinya seperti biasanya, tapi ternyata tidak. Alih-alih menemuinya, Romeo malah berbelok ke arah lain. Rosaline diam-diam mengikuti pemuda itu. Ia terkejut ketika mendapati Romeo malah menemui Juliet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline