Lihat ke Halaman Asli

Yolan Nova

Zonacantik - Tempat berbagi tips dan trik cantik terbaru dan terupdate

Meluruskan Rambut Ikal Tanpa Catok Menggunakan 6 Bahan Alami

Diperbarui: 15 Oktober 2020   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

6 Bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk meluruskan rambut ikal tanpa catok.

Rambut panjang dan lurus memang sudah lama menjadi tren model rambut yang populer. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya wanita yang meluruskan rambut ikal dan keriting mereka menggunakan berbagai cara seperti smoothing atau rebonding. 

Hal tersebut tentu harus dibarengi dengan perawatan rambut intensif agar tidak menyebabkan rambut rusak. Nyatanya, selain cara tersebut, meluruskan rambut bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan alami.

Untuk itu, berikut cara meluruskan rambut menggunakan 6 bahan alami.

1. Meluruskan Rambut Menggunakan Susu Sapi Murni

Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, susu sapi murni nyatanya bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk meluruskan rambut ikal. Kandungan protein dalam susu sapi murni bisa membuat rambutmu tampak lebih lurus dan bebas kusut. Caranya, kamu hanya perlu menyiapkan susu sapi murni dalam botol semprot atau spray. 

Kemudian, semprotkan susu sapi murni tersebut secara merata ke semua area kepala dan tunggu kurang lebih sekitar 30 menit. Setelah itu, bersihkan sisa susu di kulit kepala dengan air dingin yang mengalir. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa terapkan cara ini secara teratur.

2. Meluruskan Rambut Menggunakan Santan

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk meluruskan rambut yaitu santan. Caranya, campurkan segelas santan dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. 

Berikutnya, masukkan campuran kedua bahan tersebut kedalam freezer hingga teksturnya mengental. Apabila sudah dingin dan mengental, kamu bisa mengoleskannya ke semua bagian rambutmu sambil memijat kepala perlahan. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan tunggu selama kurang lebih 30 menit sebelum keramas.

3. Meluruskan Rambut Menggunakan Pisang

Selain rasanya yang manis di lidah, pisang juga memiliki khasiat untuk meluruskan rambut loh. Kandungan vitamin B dan potassium yang terdapat dalam buah pisang berguna untuk menutrisi kulit kepala dan membuat rambutmu yang lurus tetap sehat. Untuk meluruskan rambut, penggunaan buah pisang wajib dibarengi dengan minyak zaitun agar supaya manfaatnya lebih optimal.

4. Meluruskan Rambut Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan omega 3 yang bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bahan yang satu ini untuk perawatan rambutmu, juga untuk meluruskan rambut. 

Cara mengolahnya sebagai pelurus rambut yaitu campurkan sampai halus 2 sendok makan minyak zaitun, 2 buah pisang matang dan 2 sendok makan madu. 

Oleskan campuran bahan tersebut pada semua bagian rambutmu, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Meluruskan Rambut Menggunakan Seledri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline