Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan sebagai Perwujudan Society 5.0

Diperbarui: 25 Agustus 2022   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sering kali kita melihat manusia dan teknologi di era sekarang hidup berdampingan. Hal ini memunculkan konsep society 5.0, dimana manusia dapat menggunakan ilmu pengetahuan berbasis teknologi guna mempermudah kegiatan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat di era sekarang semua kegiatan dilakukan menggunakan alat dengan teknologi yang cangih, sehingga manusia mau tidak mau harus ikut serta berkembang dalam hal teknologi. Konsep society 5.0 ini berasal dari negara Jepang, meski konsep ini berasal dari Jepang bukan berarti tujuan dari society 5.0 hanya untuk satu negara saja, tetapi dapat juga berkontribusi dalam menyelesaikan masalah sosial tantangan di seluruh dunia.

   Society 5.0 ini tidak langsung tercipta begitu saja, perlu tahapan-tahapan untuk mencapai society 5.0 ini. Jika diibaratkan tahapan-tahapan tersebut seperti society 1.0 sebagai masyarakat purba yang melakukan perburuan serta meramu kemudian pada society 2.0, muncul kelompok yang paham dalam budidaya serta peningkatan dan pembangunan. Society 3.0 terjadi revolusi industri sehingga terjadi produksi masal. Society 4.0 manusia mulai bersaing melalui teknologi yang berkembang dan di society 5.0 merupakan bentuk pemecahan masalah dari society 4.0 .

   Di era society 5.0 semua hal terdampak termasuk dalam aspek pendidikan. Mengapa pendidikan termasuk hal yang terdampak? Karena pada dasarnya penggunaan teknologi juga didasari dengan ilmu pengetahuan agar terjadi keseimbangan anatara manusia serta teknologi. Dan era society 5.0 ini memiliki peran untuk memajukan kualitas SDM karena pada era ini setiap orang nantinya diharuskan untuk dapat berfikir kritis,kreatif dan komunikatif dalam menguasai teknologi.

     Oleh karena itu, di era society 5.0 manusia diharapkan dapat menguasai teknologi serta pentingnya pendidikan saat ini untuk mempersiapkan SDM yang siap menghadapi dan mewujudkan society 5.0 .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline