Lihat ke Halaman Asli

Yolanda Fidorova

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Gunakan Media Sosial sebagai Ladang Penghasilan

Diperbarui: 23 Februari 2021   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dunia digital saat ini sudah banyak mengubah kehidupan manusia. Yang awalnya saling bertemu dan membicarakan banyak hal, kini semuanya hanya sibuk pada gadget masing-masing. Bahkan saat ini orang-orang kerap kali menggunakan media sosial untuk bisa berhubungan dengan cakupan wilayah yang luas.

Namun, media sosial bukan hanya sebagai tempat untuk bersosialisasi, tetapi saat ini media sosial sering di gunakan  sebagai wadah untuk berbisnis. Orang-orang memanfaatkan waktu luang mereka untuk mencari penghasilan dengan cara yang simpel. Kebanyakan orang berhasil meraup kesuksesan di media sosial dengan cara berjualan online.

Berjualan di media sosial memiliki keuntungan tersendiri bagi seorang pebisnis. Mereka tidak perlu bersusah payah mencari tempat untuk bisa memajangkan produknya. Tapi dengan adanya media sosial, mereka bisa memposting produknya di media yang saat ini sangat banyak orang buka seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lain-lain. Tidak hanya itu, mereka juga bisa berjualan melalui e-commerce agar bisnis yang di jalankan semakin melebarkan jangkauannya ke wilayah luas.

Namun dalam menjalankan bisnis online, hal yang di utamakan adalah kepercayaan. Hal itu menjadi dasar bagi penjual agar reputasi bisnisnya di nilai baik oleh pembeli. Reputasi merupakan hal penting dalam dunia bisnis, karena dengan adanya reputasi yang baik maka pembeli akan percaya bahwa bisnis yang sedang kita jalankan tidak ada unsur penipuan.

Oleh karena itu, dalam memulai suatu bisnis tidak hanya produk saja yang harus di siapkan. Tetapi, sikap seorang penjual dalam melayani merupakan salah satu penilaian yang akan menentukan reputasi bisnis kita.

Ada beberapa tips bagi Anda khususnya pemula, yang ingin memulai bisnis online:

  1. Menentukan produk apa yang ingin Anda jual.
  2. Cari dan tentukan supplier yang ingin Anda ajak untuk kerja sama.
  3. Kenali terlebih dahulu kualitas produk yang ingin Anda promosikan, lalu mulai tentukan harga jual.
  4. Buatlah akun di media sosial agar mempermudah Anda untuk mempromosikan barang.
  5. Mulailah mempromosikan barang dengan memposting ke akun media sosial.
  6. Sering lakukan komunikasi secara live untuk mendeskripsikan tentang kualitas barang agar customer percaya bahwa produk yang di jual adalah real.
  7. Cobalah untuk menjual produk di e-commerce agar memperluas pemasaran dan promosi barang.
  8. Adakan potongan harga atau diskon untuk meningkatkan minat calon customer dan mendorong customer agar membeli dalam jumlah yang besar.

Inilah beberapa tips jualan online untuk para pemula. Mulai sekarang, gunakanlah media sosial mu untuk hal-hal yang menguntungkan. Karena, di era digital sekarang ini sangat banyak di buka peluang usaha bagi kamu yang ingin berpenghasilan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline