Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM: Meningkatkan Eduwisata di Taman Rekreasi Sengkaling
Diperbarui: 2 Juli 2024 18:21
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Dokumentasi Probadi
Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan program yang bertujuan mendukung dan melayani masyarakat melalui penerapan aplikasi, desain, teknologi, atau perubahan sosial yang positif. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baik secara individu maupun kelompok, dengan tujuan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.
Dalam program ini, lima mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri UMM terlibat, yaitu Bima Fatureza Yusvana sebagai koordinator, bersama dengan Putra Daffa Indrastata, Akmaluddin Fathurrahim, Yolanda Dwi Asmara dan Tsabitah Namirah Najwa. Mereka dibimbing oleh dosen pendamping lapang, Bapak Drs. Mohammad Jufri, ST., MT. PMM dengan skema mitra dosen ini berlangsung selama satu bulan dan berlokasi di Taman Rekreasi Sengkaling, tepatnya di Pos 1 Konservasi Energi. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada kebutuhan untuk melakukan pembaruan dan peningkatan kualitas eduwisata di sana.
Dokumentasi Probadi
Pos 1 Konservasi Energi sering dikunjungi oleh siswa dari berbagai tingkat pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Di pos ini, terdapat berbagai alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terkait konservasi energi, seperti turbin sekrup Archimedes, panel surya, pompa kapiler, bola plasma, generator, turbin angin, biogas, dan lifting jack. Alat-alat ini berfungsi untuk memberikan penjelasan dan demonstrasi langsung mengenai berbagai jenis energi terbarukan dan konservasi energi, sehingga siswa dapat memahaminya dengan lebih baik daripada sekadar teori di kelas.
Dokumentasi Probadi
Selain pendampingan dalam eduwisata, mahasiswa PMM juga menjalankan berbagai program lainnya, seperti pembuatan poster yang menjelaskan cara kerja setiap alat peraga untuk memudahkan proses edukasi, pembuatan banner di pintu masuk untuk memberikan gambaran awal mengenai energi sebelum siswa memasuki ruang alat peraga, serta pembuatan modul atau buku edukasi yang berisi definisi, penjelasan cara kerja, manfaat, dan aplikasi alat peraga IPTEK. Buku ini akan dibagikan kepada siswa yang berkunjung ke Pos 1 Konservasi Energi sebagai bahan bacaan tambahan selama kunjungan mereka. Dengan adanya kegiatan ini, kita mengharapkan bahwa anak harus di kenalkan dengan dengan berbagai edukasi yang bisa membantu perkembangannya. Tujuan dalam dalam pemberian edukasi ini siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam dan praktis mengenai konservasi energi dan teknologi terbarukan, sehingga dapat mendorong mereka untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan di masa depan.