Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terdiri dari sayuran segar yang direbus atau dikukus seperti sawi, wortel, buncis, kentang, tempe dan telur yang digoreng. Maka dari itu kami memodifikasi gado-gado tradisional menjadi doga-doga roll dengan penyajian yang praktis dan mudah dimakan dimanapun dan kapanpun. Hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang yang kental, yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan lain seperti gula merah, cabai, bawang putih, daun jeruk dan daun salam. Inovasi ini tidak hanya mempertahankan cita rasa asli gado-gado tetapi menghadirkan pengalaman makan yang baru dan menarik.
INSTAGRAM : DOGADOROLL_
WHATSSAPP : 0819 5310 0843
Kami memilih usaha doga-doga roll. Nama doga-doga roll dipilih dengan konsep yang unik dan menarik, karena ‘doga- doga roll’ adalah kebalikan dari gado-gado. Pada produk kami menginovasi bentuk gado-gado yang disajikan dalam piring, kita inovasikan menjadi roll karena terinspiasi dari makanan jepang yaitu sushi yang mudah dan praktis untuk dikonsumsi.
Kami memulai perencanaan usaha produk ini pada bulan oktober dan merealisasikan usaha produk ini pada bulan November. Jumlah total pesenan produk kami mencapai 89 cup atau sebanyak 445 roll. Dalam pembuatan produk ini kami mengalami beberapa kendala, diantaranya pembelian tutup cup papper bowl mengalami kebesaran atau tidak sesuai dengan ukuran cup papper bowl. Tetapi kami mengakali dengan cara menggunakan perekat agar makanan tetap aman dan higenis. Kemudian pada kendala yang kedua kita mengalami sisa sawi yang cukup banyak, karena dalam proses pembuatan kami memilih bagian sawi yang luar saja dan yang paling baik.
Dalam strategi pemasaran ini melibatkan kombinasi pendekatan yang kreatif dan rencana untuk menarik perhatian konsumen serta mendorong pembelian. Yang pertama dengan melakukan segmentasi pasar untuk memaahami kebutuhan dan menyesuaaikan penawaran produk agar relevan. Kemudian kami menggunakan media sosial seperti intagram dan WhatsApp untuk mempromosikan produk kami dengan cara mengunggah konten, foto produk dan video pengolahan produk.
Mata Kuliah Manajemen Inovasi dan Kreativitas Kelas 5D, Program Studi Manajemen FEB Unipma, Tahun Akademik Gasal 2024/2025
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H