Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Pengelolaan Penjualan Berbasis E-commerce bagi Unit Usaha Mikro di Lampung Utara

Diperbarui: 5 Januari 2022   13:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kotabumi, Lampung Utara- Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO)  dalam rangka mewujudkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill  UMKO bertanggung jawab untuk lingkungan belajar yang mendukung. Untuk menciptakan lingkungan belajar dalam bentuk program kreatif mahasiswa (PkM) yang dikompetisikan dalam ruang lingkup perguruan tinggi.

Salah satu kelompok yang mengikuti program tersebut melakukan pendampingan pengelolaan penjualan berbasis E-Commerce bagi unit usaha mikro di lampung utara guna berinovasi dalam menghadapi kemajuan tekhnologi yang makin pesat.

Pada kegiatan ini dilakukan pendampingan mendaftar toko dan mengelola toko di aplikasi shopee. Kegiatan ini dilakukan secara gratis dan tidak hanya itu kelompok memberi buku panduan gratis untuk mitra yang megikuti kegiatan ini.

Selanjutnya kegiatan ini diikuti oleh 5 unit usaha mikro lampung utara, yang telah dilakukan sejak September hingga desember dan telah menghasilkan 5 toko yang terdaftar di aplikasi shopee. Kegiatan pendampingan pengelolaan penjualan berbasis E-commerce ini bertujuan melakukan transaksi jual beli tanpa bertemu langsung atau biasa disebut E-Commerce. 

Penjualan berbasis E-Commerce ini juga berguna untuk menghadapi pembaruan-pembaruan yang terjadi. Selanjutnya Eko S A Cahyanto selaku Kementrian Perindustrian (Kemenperin) dalam Catriana (2021) menyatakan "berdasarkan hasil assessment terhadap industri-industri yang sudah menerapkan konsep industri 4.0, saat ini Indonesia ternyata sedang dalam posisi siap kalau dirata-ratakan, namun belum siap tahap sepenuhnya". Hal tersebut dikarenakan Indonesia harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengerti industri 4.0 dalam Catriana (2021). Untuk itu dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap dengan pembaruan yang terjadi, perlu adanya pendampingan kepada masyarakat yang belum memahami tentang penjualan berbasi E-Commerce.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline