Lihat ke Halaman Asli

Tips Aman Menyaksikan Atraksi Terjun Payung

Diperbarui: 10 April 2016   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="seorang anak sedang menonton atraksi terjun payung. sumber foto: tni.mil.id"][/caption]Beberapa hari lalu, penerjun payung TNI Angkatan Udara tewas saat berlatih. Sebelumnya, beberapa pekan silam, seorang atlet wanita terjun payung pun nahas, ia tewas saat meluncur di langit Yogyakarta.

Olahraga terjun payung jelas mengandung risiko. Tak hanya bagi penerjun, tetapi juga bagi para penonton atraksi tersebut. Beberapa kali tersiar kabar di media, penonton menjadi korban saat penerjun payung jatuh terempas ke kerumunan penonton.  

Hampir setiap tahun  saya kerap mendapat undangan dari TNI Angkatan Darat untuk menghadiri upacara pembukaan TNI Manungggal Membangun Desa (TMMD). Pada setiap acara tersebut, biasanya dimeriahkan dengan atraksi terjun payung.

Saya menyaksikan dengan mata telanjang, peristiwa nahas di Takalar, Sulawesi Selatan dua tahun lalu. Saat pembukaan TMMD di daerah tersebut, ada penerjun payung yang terjatuh dan menghantam beberapa orang penonton.

Bagi Kompasianer yang senang menonton atraksi terjun payung, atau barangkali suatu saat mendapat kesempatan melihat atraksi tersebut, semoga beberapa tips aman menyaksikan atraksi terjun payung ini bermanfaat.

Pertama, Jangan masuk ke area landasan terjun payung yang sudah ditentukan. Biasanya, pada setiap atraksi penerjunan, panitia akan memberikan garis batas bagi penonton. Namun, penonton kerap menerobos garis batas itu. Mereka biasanya merangsek karena ingin melihat penerjun dari jarak yang lebih dekat.  Tolong, jangan lakukan itu.

Kedua, jangan berada di tengah-tengah kerumunan penonton. Pilih tempat berdiri yang leluasa untuk Anda bergerak. Saat menyaksikan atraksi di Takalar, penerjun menghantam penonton yang berada tepat di tengah kerumunan. Penonton tersebut tidak bisa menghindar karena di kiri dan kanannya padat penonton.

Ketiga, waspada dan hati-hati saat penerjun mulai mendekat ke bumi. Begitu para penerjun meluncur dari pesawat, terdapat durasi waktu bagi mereka untuk menginjak tanah. Nah, saat mereka mulai mendekat area pendaratan, perhatikan dengan cermat arah penerjun.

Keempat, bila perlu gunakan kacamata hitam saat menyaksikan atraksi terjun payung. Kacamata akan membantu mata Anda tidak terlampau silau saat menonton. Sehingga Anda pun bisa lebih waspada menyaksikan setiap gerakan para penerjun.   

Selamat menonton!

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline