Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Maribung dan Tips Jadi Entrepreneur Cilik Melalui Sosialisasi Literasi Finansial

Diperbarui: 2 September 2022   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Donokerto, Turi, Sleman, (Kamis, 21/7). Yohanes Ady Prabowo merupakan Mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2021/2022 dari Prodi S1-Manajemen FEB melaksanakan program Sosialisasi Pentingnya Literasi Finansial Pada Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Melahirkan Generasi Unggul Cerdas Finansial.

Program ini dicanangkan atas dasar literatur review yang telah dilakukan pada beberapa artikel pada web www.ojk.go.id dan beberapa sumber lainnya yang membahas tentang pentingnya literasi finansial. Tidak hanya itu, survei sedehana melalui wawancara langsung pada siswa dengan menggunakan teknik random sampling dilokasi KKN tepatnya di SD Negeri Turi 3 juga dilakukan. Hasil survei menunjukan bahwa, dalam lingkup yang lebih kecil, tingkat literasi finansial khususnya pada siswa kelas 5 SD Negeri Turi 3 hanya 32% dari 25 siswa yang paham tentang literasi keuangan.

dokpri

Melalui program ini diharapkan siswa dapat belajar mengelola keuanganya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya pengetahuan, dan ketrampilan dalam mengelola keuangan dengan baik sejak dini, dan nantinya akan tercipta kader generasi unggul yang cerdas financial, sehingga ketika remaja ataupun dewasa nantinya akan siap dengan perencanaan keuangan. Terciptanya literasi finansial akan membantu anak dalam menghemat keuangannya, dengan hanya membeli barang yang sesuai kebutuhan.

Salah satu aspek literasi finansial menurut Nababan dan Sadalia ialah Saving and Investment (Tabungan dan Investasi) yang merupakan kegiatan menyisihkan uang dari pendapatan. Pada program ini ditujukan pada siswa/i kelas 5 SD Negeri Turi 3 dengan jumlah siswa 25 anak. Mahasiswa melakukan sosialisasi secara stdent centered learning dengan mmembahas pengertian, manfaat, tips dan sumber uang untuk menabung serta cara sederhana menghasilkan uang dengan berwirausaha.

dokpri

Pada akhir kegiatan diadakan kuis berhadiah untuk memberikan semangat kepada siswa serta agar apa yang telah dipelajari dapat diingat.  Para siswa berharap kedepan dapat dilaksanakan kegatan serupa dengan disertai praktik berwirausaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline