Lihat ke Halaman Asli

Kopi Mencegah Batu Empedu

Diperbarui: 30 Juni 2022   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo : Pexels

Meminum kopi setiap hari sudah menjadi kebiasaan kita. Kita memiliki kebiasaan ini karena kopi lah yang membantu kita untuk tetap fokus dan melawan rasa ngantuk pada pagi hari sebelum pergi bekerja/beraktifitas. 

Tidak hanya untuk membuat kita tetap fokus, kopi juga mengandung berbagai macam khasiat bagi tubuh kita. Kopi memang pantas menjadi salah satu minuman favorit di dunia.

Kopi tidak hanya menyehatkan namun kopi juga dapat mencegah berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah mencegah batu empedu. 

Batu empedu adalah penggumpalan cairan yang berbentuk seperti batu pada kantung empedu. Batu yang terbentuk akan menyumbat saluran-saluran yang mengakibatkan sakit perut sebelah kanan.

Dikatakan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur tiap hari memiliki risiko terkena kondisi batu empedu sebanyak 23 persen lebih sedikit dibandingkan orang biasa. 

Meminum kopi dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam cairan empedu. Hal ini akan menurunkan kemungkinan terbentuknya batu empedu. 

Kopi juga menstimulasi pencernaan agar bekerja dengan baik sehingga batu empedu tidak akan terbentuk. Namun jangan gunakan kopi sebagai minuman pencegah batu empedu. 

Meminum kopi dalam jumlah yang cukup memang akan bermanfaat namun bila dikonsumsi berlebihan akan merusak tubuh.

Untuk mencegah batu empedu secara alami, perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan. Berat badanmu juga harus dijaga dan hindari makanan tinggi lemak. 

Yang paling penting, pertahankan pola makan yang baik.

Bacalah artikel menarik lainnya di situs kami




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline