Lihat ke Halaman Asli

Fakta Menarik Seorang Barista

Diperbarui: 21 April 2022   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo: Pexels

Apakah kalian pernah mendengar kata barista? Barista berasal dari Bahasa Italia 'Bartender' yang berarti pelayan bar. Orang yang berprofesi sebagai barista mempunyai tugas untuk membuat kopi dan menyajikannya kepada pelanggan.

Membuat dan menyajikan kopi, kedengarannya gampang sekali bukan? Banyak orang berpikir demikian tetapi barista bukan hanya seorang yang membuat kopi. Sebab untuk menjadi barista kelas atas dibutuhkan keahlian khusus.

Ingin lebih tahu dengan apa itu barista? Ayo simak fakta- fakta seorang barista ini!

1. Barista Merupakan Lulusan Perguruan Tinggi

Sekilas pekerjaan barista ini tampak sangat gampang. Membuat kopi dan menyajikannya, kayaknya tidak berbeda dengan kita menyajikan kopi sendiri. Tetapi mereka yang berprofesi sebagai barista merupakan lulusan perguruan tinggi. Mereka yang berhasil jadi barista kopi adalah mereka yang sungguh- sungguh ingin masuk dan menjadi bagian dari dunia kopi.

2. Sekolah Khusus Barista

Tidak cuma perguruan tinggi, orang yang mau jadi barista bisa belajar di sekolah khsus barista. Tidak hanya itu, orang yang ingin berkompetisi dalam lomba barista juga mengikuti kelas di sekolah khusus barista. Pelatihan ini umumnya berdurasi 6 bulan. Hal yang diajarkan sekolah ini meliputi cara memilih biji kopi, metode menggiling, serta cara menyajikannya jadi kopi yang enak.

3. Barista Merupakan Ahli Meracik Kopi

Kopi yang dibuat oleh seorang barista itu berbeda dengan kopi yang biasa kita buat. Teknik yang dipelajari mereka akan menciptakan kopi yang tidak dapat dibandingkan dengan kopi biasa. Sebab itu banyak orang yang memilih membeli kopi di coffee shop sebab yang membuat kopi disitu merupakan barista yang handal.

4. Tiap Barista Mempunyai Teknik Pribadi

Seorang barista mempunyai metode pribadi yang membedakan dirinya dengan yang lain. Sebab itu, tidak aneh apabila latte yang kalian pesan di suatu coffee shop akan terasa berbeda dengan coffee shop yang lain.

5. Pakar Latte Art

Apakah kalian pernah memesan kopi dengan sebuah gambar pada permukaannya? Gambar tersebut adalah latte art. Latte art dibuat dengan menuangkan susu ke dalam espresso dengan metode khusus. 

Membuat latte art sesungguhnya tidak semudah yang dilihat. Apabila susu dituang saat kopi terlalu banyak, kopi tersebut akan tumpah. Apabila susu dituang saat kopi terlalu sedikit, pelanggan tidak akan puas dengan kopi yang disajikan. Sebab itu untuk membuat latte art yang sempurna dikatakan memperlukan latihan selama 4 bulan. 

Baca artikel menarik lainnya di situs kami




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline