Lihat ke Halaman Asli

Yohan Chandra Agustine

11220511000090/Mahasiswa Program Studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Menjelang Perayaan Tahun Baru "Frozen Food" Ramai Diburu Masyarakat

Diperbarui: 8 Januari 2024   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Minggu (31/12) - Menjelang perayaan tahun baru, permintaan frozen food mengalami peningkatan signifikan di kalangan masyarakat. Praktisitas dan variasi produk menjadi faktor utama yang mendorong masyarakat memilih opsi makanan beku sebagai pilihan untuk merayakan momen spesial ini.

Rina, seorang penjual frozen food yang beroperasi di wilayah Depok mengaku jika menjelang tahun baru pendapatannya naik drastis, pasalnya banyak masyarakat yang merayakan tahun baru dengan acara bakar-bakar.

"Kalau mau tahun baru gini emang banyak banget mbak yang cari frozen food, karena kan emang biasanya pada ngadain acara bakar-bakar kalo tahun baru, kalo omzet alhamdulillah saya bisa naik 50% dari hari biasanya kalo menjelang tahun baru gini," kata Rina, penjual frozen food wilayah Depok saat di wawancarai di tokonya pada Selasa (26/12).

Untuk memenuhi tingginya permintaan, Rina mengungkapkan bahwa tahun ini dia bahkan membeli freezer baru khusus untuk menampung stok produk,  Hal ini dilakukan agar ketersediaan produk tetap terjaga, terutama dalam menghadapi lonjakan permintaan.

"Tahun ini, alhamdulillah saya sampe beli freezer baru khusus buat stok produk," tambah Rina.

Menurut Rina, kualitas produk yang dijual adalah hal yang tidak bisa ditawar, terutama dalam menghadapi peningkatan permintaan yang dapat mempengaruhi rantai pasokan. Rina menegaskan dia lebih memilih produk yang mereknya sudah jelas dan terpercaya. Menurutnya, memastikan bahwa produk yang dijual telah memiliki identitas merek yang terjamin adalah bentuk penanggung jawabannya sebagai penjual.

"Kalau kualitas produk sudah pasti saya lebih memilih jual produk yang sudah jelas mereknya dan ga asal, karena kalo konsumen kenapa-kenapa yang tanggung jawab kita juga." ujar Rina.

Sementara itu, peningkatan minat konsumen terhadap frozen food pun terungkap dalam hasil wawancara dengan seorang konsumen frozen food, Denysa Ibrahim. Menurutnya, praktisitas dan variasi menjadi faktor utama dirinya memilih makanan beku, terutama untuk merayakan tahun baru.

"Karena kalau pakai frozen food itu kan udah pasti lebih praktis, variasinya juga banyak, dan gampang ditemui dimana-mana, jadi kita ga harus susah-susah carinya, terus kalo frozen food kan masaknya sederhana aja ga perlu dipakein macem-macem, intinya lebih praktis dan banyak varian aja sih makannya saya pilih frozen food," ujar Denysa seorang konsumen frozen food saat di wawancarai di sebuah kedai pada Rabu (27/12).

Meskipun Denysa sudah lama mengadopsi kebiasaan menggunakan makanan beku pada perayaan tahun baru, dia memberikan saran kepada penjual frozen food untuk lebih memperhatikan rasa dan kualitas produk yang dijual.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline