Lihat ke Halaman Asli

Reparasi Organ dengan Stem Cell, Amankah?

Diperbarui: 24 Oktober 2017   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

vancemedical.com

SEL PUNCA UNTUK REPARASI ORGAN? BISAKAH?

Sel Punca atau Stem Cell adalah suatu sel yang belum mengalami diferensiasi atau spesialisasi. Sel Punca mampu berkembang menjadi sel atau jaringan apapun tergantung dari apa yang lingkungannya perlukan, sehingga sel punca mampu memiliki fngsi yang berbeda beda setelah berdiferensiasi , contoh hasil diferensiasinya ialah menjadi sel otot , sel darah merah maupun sel-sel bagian tubuh lainnya. Saat ini sel Punca sedang ramai dibicarakan dalam bidang medis dikarenakan kemampuan dan kecocokannya untuk memperbaiki organ organ tubuh yang rusak.

Sel punca memiliki kekhususan sifat yang cukup berbeda bila dibandingkan dengan sel-sel pada umumnya , yaitu :

1.Mampu membelah diri walau sudah tidak aktif dalam waktu yangs angat lama

2.Dalam kondisi tetentu , sel punca dapat diinduksi sehingga menjadi suatu jenis sel yang memiliki tugas tersendiri eperti jaringan dan organ

Selain dari sifat-sifat diatas, Sel punca juga memiliki berbagai jenis , antara lain :

1.Sel punca Embrionik

Sel germinal/benih (seperti sprema/ovum) embrionik induk/primordial (primordial germ cells) dan prekursor sel germinal diploid ada sesaat pada embrio sebelum mereka terasosiasi dengan sel somatik gond dan kemudian menjadi sel germinal. Sel germinal embrionik manusia/human embryonic germ cellsm termasuk sel punca yang berasal dari sel germinal primordial dari janin berumur 5-9 minggu.

2.Sel Punca Fetal

Sel punca fetal adalah sel primitif yang dapat ditemukan pada organ-organ fetus (janin) seperti sel punca hematopoietik fetal dan progenitor kelenjar pankreas.  Sel punca neural fetal yang ditemukan pada otak janin menunjukkan kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel neuron dan sel glial (sel-sel pendukung pada sistem saraf pusat).  Darah, plasenta, dan tali pusat janin kaya akan sel punca hematopoietik fetal.

3.Sel Punca Dewasa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline