Lihat ke Halaman Asli

Geladi Hominisasi 3

Diperbarui: 23 Oktober 2022   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 28 September 2022, saya memutuskan untuk mengikuti geladi hominisasi ke 3 karena, menurut saya itu adalah waktu terbaik bagi saya untuk melakukan geladi. Namun, ternyata waktu geladi diganti dari tanggal 15 Oktober 2022 menjadi tanggal 16 Oktober 2022. Awalnya, saya ingin mengganti tanggal untuk geladi karena geladi ketiga dilaksanakan pada hari minggu dan saya harus melaksanakan ibadah Minggu pada hari itu, namun saya berubah pikiran dan memutuskan untuk tetap mengikuti gelombang ketiga. 

Saya hampir lupa mengerjakan tugas pra geladi karena saya mendahulukan tugas mata kuliah terlebih dahulu. Untungnya, saat itu saya memeriksa pesan di akun gmail saya dan melihat bahwa ada tugas pra geladi. Karena itu sudah tengah malam dan saya diposisi yang sudak tidak bisa fokus, saya tidak langsung mengerjakan tugas tersebut karena takut hasilnya tidak bagus. Saya mengerjakan tugas tersebut pada hari jumat setelah kelas responsi kalkulus yang kira2 menjelang siang hari.

Pada hari Minggu pagi, tanggal 16 Oktober 2022 saya mengikuti kegiatan geladi tersebut. Pada awal geladi berjalan diberikan materi, lalu ada bermain games juga. Hingga pada waktu yang memusingkan yaitu dimana kami dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk mempresentasikan materi sesuai dengan tema yang kami pilih dalam tugas pra geladi. Awalnya, kami cukup kesulitan untuk berdiskusi dan cara berdiskusi kami salah. Kami terlalu individualis saat berdiskusi, dan tidak terjalin komunikasi dengan baik. Lalu kami dibimbing oleh dosen kami dan diarahkan untuk bagaimana kami seharusnya berdiskusi dengan baik. Setelah dibimbing berulang-ulang kami akhirnya siap untuk mempresentasikan hasil materi yang kami dapatkan. Sayangnya, cara kami mempresentasikan materi belum cukup bagus dan kami tidak bisa lanjut kebabak selanjutnya untuk melanjutkan materi kami.

Saya kini mengerti bahwa, yang kami perlukan untuk mempresentasikan sesuatu tidak hanya berintikan pada materi yang kami bawakan. Melainkan, kami membutuhkan kemampuan untuk bersikap selama presentasi, bagaimana susunan bahasa yang akan kami gunakan, sikap tubuh yang benar, ekspresi yang bagus, dan berusaha untuk menampilkan presentasi yang semenarik mungkin. Bagi saya, pengetahuan ini sangat penting karena akan sering dan terus kita gunakan di kehidupan perkuliahan maupun diluar kehidupan perkuliahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline