Lihat ke Halaman Asli

Koin Jepang pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Agan-agan semua pasti tahukan uang koin yang bentuknya bulat itu ‘he he’, ‘pastinya dong’k’ masa tidak, tapi apakah agan-agan kita mengetahuinya jenis uang koin di masa-masa kependudukan Jepang.

Mungkin agan-agan kita bertanya-tanya dan bertanya apakah ada Uang koin masa-masa kependudukan Jepang? Emang bener ada gan? “ooo…”
Atau mungkin ane yang bodoh dan tidak mengetahuinya “hi hi hi” dasar?

Info ini ane temukan secara tidak sengaja dari sebuah literatur berbahasa asing gan . Dan di buku itu telah di tuliskan dengan sangat jelas bahwa ada tiga macam atau jenis uang koin yang pernah beredar pada masa-masa itu gan yaitu pecahan 1, 5 dan 10.

Ok…. gan Semua pecahan tersebut memiliki design gambar wayang yaitu tokoh Arjuna . Pada daftar harganya di situ telah di tuliskan berturut turut turut dan berturut dari pecahan 10, 1 dan 5 adalah : 1,2 juta, 2,5 juta dan 8 juta untuk kondisi biasa gan, sedangkan kondisi UNC adalah 2,5 juta, 4 juta dan 150 juta!

Eh gan, baru tahu lho ane ini sebenernye, ternyata ada juga uang koin bergambar wayang dan harganya itu lho gan! Buset dah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline