Lihat ke Halaman Asli

M. Bagus Prayogi

Universitas Nurul Huda

Memahami Kepemimpinan Melalui Kaprodi Infomatika: Perspektif Mahasiswa UNUHA

Diperbarui: 20 Desember 2023   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Mahasiswa/Dokpri

Mahasiswa Universitas Nurul Huda (UNUHA) melaksanakan Interview / wawancara kepada Kaprodi Informatika Universitas Nurul Huda . Wawancara dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Informatika semester III sekaligus pelaksanaan tugas dari mata kuliah Kepemimpinan dengan dosen pengampu Miss Nia Kurniati,M.Pd.

Interview atau wawancara pada dasarnya adalah suatu metode pengumpulan informasi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara lisan kepada seseorang yang disebut narasumber atau interviewee. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi, pendapat, perspektif, dan pandangan dari sang narasumber terkait topik tertentu.. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok 4, yang beranggotakan M. Bagus Prayogi,  Rizki Setiawan, dan Luki Juliani. Evaluasi ini telah dilaksanakan pada rabu, 13 Desember 2023.

Sebagai salah satu Tugas Mata Kuliah Kepemimpinan, yang Dimana dalam tugas tersebut kami mewawancarai salah satu Kaprodi Universitas Nurul Huda khususnya kepada Bapak Kaprodi Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Informatika yang salah satunya bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinannya serta dapat memahami bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang etis dan baik.

Sebelum kegiatan dilakukan, Kami juga telah mendapat persetujuan dari bapak Pamuji Muhammad Jakak M.Kom, bahwa kami ingin melakukan Interview terkait kepemimpinan. Selain itu interview ini juga dilakukan agar dapat mengembangkan skill mahasiswa dalam menerima pengetahuan dari orang lain sebagai pengalaman pembelajaran atau kegiatan belajar.

Kepemimpinan adalah faktor yang sangat urgent dalam perjalanan sebuah organisasi dalam mewujudkan cita-cita yang telah direncanakan. Sebagai seorang pemimpin harus dapat bertanggung jawab dalam mengambil Keputusan Bersama dengan kelompok, meskipun pemimpin bebas untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan saran, sebaiknya ia hendaknya jangan membiasakan diri untuk mengambil keputusan bagi anggotanya. Kepala Program studi sebagai leader artinya harus mampu memberikan motivasi seluruh civitas akademika (dosen, staff dan mahasiswa) yang berperan penting dalam menanamkan konsep manajemen pada Lembaga Pendidikan. Ketua Program Studi wajib mempunyai kapabilitas dalam mengembangkan segala aspek kepemimpinan mulai dari kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga Pendidikan, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan berkomunikasi serta mengarahkan semua pihak dalam merealisasikan visi-misi prodi, khususnya prodi informatika.

Kemajuan terindah sebuah prodi adalah Ketika visi dan misinya mampu direalisasikan pada semua aspek. Kemajuan ini tidak akan diperoleh program studi ketika Kaprodi tidak akan mampu menjalankan fungsi dirinya sebagai pemimpin yang harus memimpin doosen, staff dan mahasiswa dalam merealisasikan visi-misi prodi tersebut. Peran Kaprodi mengindikasikan tanggung jawab yang dimiliki sebagai penggerak komponen Sumber Daya Manusia (SDM), yang berakibat pada timbulnya motivasi dalam bekerja dan produktif dalam mencapai tujuan. Oleh sebab itu, Kaprodi harus mampu menerapkan fungsi kepemimpinannya.

Konsep kepemimpinan yang baik adalah menjadi panutan, mampu menjadi penyemangat dan mendorong bawahan untuk berkembang lebih optimal agar dapat menjadi pemimpin yang etis dan baik. Kaprodi dapat melakukan beberapa hal sebagai strategi dalam Upaya mewujudkan visi-misi yang diantaranya:

  • Membangun harapan individu menjadi visi bersama,
  • Membuat prioritas Pembangunan denganindikator kecapaiannya,
  • Membina hubungan yang baik kepada bawahannya, serta;
  •  Membangun kemitraan dengan berbagai pihak.

Dari hasil interview yang dilakukan oleh mahasiswa Universtitas Nurul Huda yang berkaitan tentang peranan kepemimpinan melalui Kaprodi Informatika pada Universitas Nurul Huda ini dalam membangun seorang pemimpin yang baik dan etis yang menunjukkan bahwa Bapak Pamuji Muhamad Jakak M.Kom selaku Kaprodi Informatika Universitas Nurul Huda telah memimpin yang demokratis dan mampu mengarahkan semua dosen dan mahasiswa untuk mencapai dan membangun komunikasi yang komunikatif serta dapat menjadi pemimpin yang etis dan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline