Lihat ke Halaman Asli

Mahasiwa Undip Buat Papan Nama Posyandu, Guna Memudahkan Mobilisasi

Diperbarui: 3 September 2022   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri)

Magelang (25/08)- Dalam rangka mendukung Program Percepatan Imunisasi KEJAR dan BIAN, mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro membuat papan nama posyandu untuk memudahkan masyarakat sekitar maupun pihak yang berkepentingan menemukan lokasi posyandu. Pembuatan nama posyandu ini bertujuan untuk menjadi papan informasi serta identitas bagi posyandu itu sendiri.

Pada saat melakukan survey lapangan di Desa Tampingan, diketahui bahwa dari 10 posyandu yang ada, semuanya tidak mempunyai papan informasi nama posyandu. Masalah ini tentu membuat  kebingungan bagi masyarakat setempat terutama yang belum pernah mengikuti posyandu maupun petugas puskesmas yang akan melakukan kegiatan imunisasi dalam mencari lokasi posyandu yang dituju. Selain melalui survey lapangan, pengajuan program pembuatan papan nama posyandu juga berkonsultasi dengan pemilik rumah yang dijadikan sebagai tempat posyandu. Program pembuatan papan nama mendapat respon yang baik dari pihak perangkat desa, bidan desa dan kader sekaligus pemilik rumah.

 

(Dokpri)

Setelah melakukan survey lapangan dan konsultasi dengan pihak balai desa, mahasiswa melakukan pembuatan papan nama posyandu sedemikian rupa. Setelah papan nama posyandu selesai dibuat, pihak mahasiswa langsung menyerahkan kepada pihak pemilik rumah yang dijadikan sebagai tempat posyandu tersebut. Pemasangan papan nama posyandu dilakukan pada hari Kamis 25 Agustus 2022 di rumah Bapak Kepala Dusun Gintung Rojo, Tampingan.

Dengan adanya papan nama posyandu tersebut, diharapkan kepada masyarakat Tampingan, serta pihak petugas kesehatan tidak kesulitan dalam pencarian posyandu tersebut. Selain itu diharapkan juga penambahan fasilitas papan nam posyandu ini memicu untuk adanya penambahan fasilitas lainya, semisal ketersediaan alat ukur yang memadai, sehingga masyarakat lebih nyaman dan tertarik mengikuti kegiatan posyandu.

Penulis : Yogi Hardianto (40030519650128) / Sekolah Vokasi / Prodi Teknik Infrastuktur Sipil dan Perancangan Arsitektur/ Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Dr. Dra. Ayun Sriatmi, M. Kes dan Ir. Gentur Handoyo, M. Si




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline