Lihat ke Halaman Asli

Yogi Munte

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2022/2023 Mengajak Siswa SDN Pucanggading untuk Menggunakan dan Mensosialisasikan Energi Terbarukan

Diperbarui: 9 Februari 2023   02:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Batang (18/01/2023) - Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023 mengadakan program penyuluhan tentang pentingnya energi terbarukan sebagai pengganti energi fosil di masa depan di SDN Pucanggading. Program ini sekaligus mengajak para siswa sekolah dasar untuk beralih ke energi terbarukan sebagai bentuk peduli terhadap bumi demi kelangsungan hidup masa depan umat manusia, khususnya masyarakat Desa Pucanggading, menjadi lebih baik lagi. Program ini diadakan agar tercapainya tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang ke-13 yaitu Penanganan Perubahan Iklim Dan Penanggulangan Kebencanaan.

Energi terbarukan merupakan sumber energi yang memiliki banyak manfaat. Selain ramah lingkungan, energi terbarukan juga dapat diperoleh dimana saja serta ketersediaannya yang tidak akan pernah habis di bumi ini. Sebagai perbandingan, ketersediaan energi fosil yang merupakan bagian dari energi tidak terbarukan di bumi semakin menipis. Selain itu, energi fosil memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan kita. Salah satu dampak negatif yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari yaitu polusi yang dapat merusak kesehatan hingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Sayangnya, penyuluhan mengenai pentingnya energi terbarukan ini masih belum dilaksanakan di SDN Pucanggading. Berdasarkan hasil diskusi dengan para guru di SDN Pucanggading, para siswa sekolah dasar, khususnya siswa SD kelas 5 dan kelas 6, masih mempelajari tentang ilmu dasar tentang energi terbarukan pada mata pelajaran IPA, namun belum mengetahui secara rinci energi terbarukan dan efeknya di masa depan nanti.

Dokpri

Berdasarkan urgensi permasalahan tersebut, Yogi Ananda Wibawa Munte, salah satu mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP tahun 2022/2023, mengadakan penyuluhan mengenai pentingnya energi baru terbarukan sebagai pengganti energi fosil di masa depan terhadap para siswa SD kelas 5 dan kelas 6 SDN Pucanggading.

Program ini dilaksanakan dua hari, yaitu pada tanggal 18 Januari 2023 untuk siswa SD kelas 5 serta tanggal 25 Januari 2023 untuk siswa SD kelas 6. Program ini disesuaikan dengan kesepakatan antara mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP tahun 2022/2023 dengan para guru di SDN Pucanggading terkait dengan jadwal pembelajaran mata pelajaran IPA siswa SD kelas 5 dan kelas 6 serta kegiatan sekolah lainnya.

Dokpri

Program penyuluhan ini dimulai dengan persentasi dari mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP tahun 2022/2023 mengenai energi terbarukan, perbedaannya dengan energi tidak terbarukan, jenis-jenis sumber daya energi terbarukan dan tidak terbarukan serta contohnya, dan manfaat yang dapat diperoleh dari pemanfaatan energi terbarukan tersebut. 

Selain itu, program ini dilanjutkan dengan mengajak para siswa untuk mulai beralih ke energi terbarukan serta melakukan kebiasaan hemat energi dan peduli lingkungan. Program ini diakhiri dengan penyerahan poster tentang Pentingnya Energi Terbarukan di Masa Depan kepada SDN Pucanggading serta melakukan dokumentasi.

Penulis : Yogi Ananda Wibawa Munte




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline