Lihat ke Halaman Asli

Yoga PS

Laki-laki yang ingin mati di pagi hari :)

Alibi

Diperbarui: 25 Juni 2015   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Benjamin Franklin, pernah menulis surat kepada Jean-Baptiste Le Roy pada 1789,

“In this world nothing can be said to be certain, except death and taxes.”

Di dunia ini tidak ada yang pasti kecuali kematian dan pajak. Tapi sayangnya BF (Benjamin Franklin, bukan BF film kesukaan situ :P) tinggal di Amerika, bukan di Indonesia. Karena sejak penemuan teori relativitas fisika Einstein, praktik perpajakan di Indonesia menganut asas relativitas. Kalau kata iklan rokok: “Wani Piro?”.

Maka terbitlah “rising star” terduga kasus pajak. Habis Gayus, terbitlah DW, lalu muncul Ajib Hamdani. Ketiga nama tersebut adalah “lakon” oknum terduga mafia pajak yang menghiasi halaman depan media nasional. Mereka diduga memiliki rekening gendut milyaran rupiah. Jumlah yang fantastis untuk ukuran seorang PNS golongan III yang baru berusia 30-an tahun.

Bedanya, Gayus sudah jadi penghuni hotel prodeo (meski masih bisa liburan ke Bali). DW masih diperiksa oleh KPK. Sedangkah Ajib, membantah habis-habisan berita yang ada di media. Ia melakukan klarifikasi lewat blog-nya. Disana dijelaskan soal harta perolehan, metode, sampai tips dan trik bisnis yang telah ia lakukan.

Alasan

Saya sudah pernah menulis tentang tips menjadi koruptor sukses, dan juga cara-cara melakukan money laundry dengan sukses. Sekedar review, kelemahan koruptor di Indonesia ada dua:

  1. Mereka tidak belajar pencucian uang (money laundry)
  2. Mereka mengubah gaya hidup dengan drastis

Saya menulis:

Koruptor kelas kambing telah menganggap misi mereka sukses begitu menerima uang. Ibarat maling, meski sudah mendapat barang colongan, mereka lupa jika harus keluar dengan aman dari rumah korban.

Mereka bingung memiliki uang milyaran lalu mulai membeli mobil, rumah, perhiasan, dan plesiran keluar negeri. Disinilah masalah mulai timbul. Bau kejahatan mereka tercium begitu mereka mencoba sedikit menikmati hasil “kerja keras” mereka. PPATK mulai curiga melihat rekening yang tiba-tiba gendut. KPK mulai mencium ada yang tidak beres dari harta perolehan mereka. Dan seperti nasib koruptor amatir, mereka akan menghabiskan sisa hidup didalam penjara jika dilakukan pembuktian terbalik.

Akhirnya lahirlah saran untuk mereka yang ingin sukses menjadi koruptor:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline