Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Pembelajaran Fisika di Sekolah

Diperbarui: 9 Januari 2025   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah strategi pedagogis yang dirancang untuk menyesuaikan pengajaran dengan tingkat pemahaman siswa. Dalam konteks pembelajaran Fisika di sekolah, TaRL dapat membantu mengatasi tantangan heterogenitas kemampuan siswa dalam satu kelas. Pendekatan ini mengharuskan guru untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa melalui asesmen awal dan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan mereka. Dengan demikian, siswa dapat menerima pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman konsep Fisika secara menyeluruh.

Implementasi TaRL dalam pembelajaran Fisika melibatkan tiga langkah utama. Pertama, guru melakukan diagnostik awal melalui tes singkat untuk mengidentifikasi penguasaan konsep dasar seperti kinematika atau hukum Newton. Kedua, siswa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori berdasarkan hasil tes, seperti pemula, menengah, dan mahir. Ketiga, guru menyusun kegiatan pembelajaran yang berbeda untuk setiap kelompok, misalnya eksperimen sederhana untuk pemula, analisis masalah untuk siswa menengah, dan proyek berbasis aplikasi untuk siswa mahir. Pendekatan ini memastikan bahwa setiap siswa memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan tingkat mereka.

Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukkan bahwa penerapan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Fisika. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan memahami konsep dasar menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai tes setelah mendapatkan pengajaran yang disesuaikan. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelas, terutama karena mereka merasa lebih percaya diri belajar dalam kelompok dengan kemampuan yang serupa. Guru juga merasa lebih terarah dalam menyampaikan materi dan memberikan pendampingan.

Dalam implementasinya, pendekatan TaRL membutuhkan komitmen dari guru untuk melakukan asesmen yang berkala serta fleksibilitas dalam perencanaan pembelajaran. Tantangan seperti alokasi waktu dan ketersediaan sumber daya pembelajaran perlu diatasi agar pendekatan ini dapat berjalan dengan efektif. Meskipun demikian, TaRL memberikan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di sekolah, terutama dalam membangun dasar yang kuat bagi siswa untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline