Tujuan para pemimpin saat ini adalah menyadari bahwa setiap orang dapat membawa nilai dan kekuatan ke tempat kerja berdasarkan perbedaan karakteristik orang-orang yang beragam.
Keragaman atau perbedaan dalam lingkungan kerja merupakan suatu kesatuan tenaga kerja yang terdiri dari orang-orang yang berbeda baik dalam hal umur, kasta, agama, jenis kelamin, bahasa, jabatan, perbedaan pendapat, sikap, serta wilayah geografis (Ankita Saxena, 2014).
Banyaknya perbedaan dalam lingkungan kerja berarti banyaknya pula basis ide, pendapat, dan pengalaman yang lebih luas dan lebih dalam untuk pemecahan masalah, kreativitas, dan inovasi dalam lingkungan kerja.
Ada banyak sekali manfaat dari hadirnya perbedaan/keragaman di dalam lingkungan kerja, dengan demikian kita tidak boleh menganggap perbedaan sebagai suatu masalah atau batu sandungan di dalam organisasi, sebab di dunia ini tidak ada orang yang sama, semua orang diberikan keunikan masing-masing.
dilansir dari forbes.com dan online.maryville.edu, berikut adalah manfaat penting dari keragaman/perbedaan dalam lingkungan kerja yang kadang dilupakan orang:
1. More Fun (Lebih Menyenangkan)
Tim yang lebih beragam tentu lebih menyenangkan. Memiliki seorang pemimpin atau rekan satu tim dengan kepribadian dan karakteristik perilaku yang sama akan menjadi membosankan setelah beberapa saat.
Keragaman menciptakan lebih banyak keterlibatan dan lebih banyak energi. Semakin banyak energi yang dimiliki tim, maka semakin kreatif dan efektif pekerjaan yang dilakukan. Ada juga kapasitas yang lebih besar untuk belajar dari orang lain yang berbeda, ini adalah situasi yang menciptakan lebih banyak kesenangan, lebih banyak energi, dan lebih banyak pembelajaran.
2. New Opprotunities (Peluang Baru)
Tim kepemimpinan yang beragam membawa perspektif yang membantu untuk menguji asumsi dan penilaian. Ini akan mengungkap cara berpikir baru, mendorong pola pikir berkembang, dan memungkinkan organisasi pembelajar yang terbuka untuk pengujian dan ide-ide baru. Bagi organisasi, ini mengarah pada keterlibatan karyawan yang lebih besar, pemberdayaan, dan pengambilan keputusan yang lebih cepat.
3. Innovative Thinking (Pemikiran Inovatif )
Keragaman dalam lingkungan kerja berarti keragaman dalam pemikiran. Misalnya sebuah tim di dalam lingkungan kerja terdiri dari 10 orang berasal dari latar belakang yang berbeda semua, mereka memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengembangkan gagasan atau pemikiran yang lebih luas dibandingkan dengan tim kerja yang terdiri dari satu kategori orang saja (usia yang sama, ras, latar belakang, agama, demografis, dan lain-lain).
Tenaga kerja dan tim manajemen yang beragam memastikan bahwa perusahaan tidak terjebak dalam satu jalur pemikiran, hal ini dikenal sebagai "Think outside-the-box", atau "berpikir di luar kotak."
4. Wider Range of Skill Sets (Rentang Skill Set yang Lebih Luas)
Beberapa keahlian diajarkan secara formal, namun ada beberapa orang yang memperoleh keahlian dari ajaran kebudayaan atau kebiasaan-nya.