Lihat ke Halaman Asli

Yoel Ivan Odius

Industrial Engineering Student // KKN TIM II Undip 2022

Mahasiswa Undip Maksimalkan Kegiatan KKN untuk Ajak Warga RW V Kelurahan Candi Mengubah Limbah Jadi Nilai Tambah

Diperbarui: 11 Agustus 2022   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yoel Ivan Odius, Mahasiswa S1 Teknik Industri, memaparkan pentingnya “Waste Management” pada Warga RW V Kelurahan Candi. (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Candi, Semarang (4/8/2022) – Yoel Ivan Odius, Mahasiswa S1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro menyelenggarakan program monodisiplin “Pelatihan Pembuatan Pupuk dari Limbah Rumah Tangga dan Limbah Peternakan” yang dilaksanakan di Balai RW V Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Seperti kita ketahui, setiap hari aktivitas yang dilakukan oleh manusia senantiasa menghasilkan sampah ataupun limbah. Maka dari itu kesadaran akan pengelolaan limbah atau “waste management” sangat penting untuk ditumbuhkan dalam masyarakat. 

Salah satu kunci dalam pengelolaan limbah yang baik, selain bijak konsumsi adalah bagaimana langkah pengelolaan sampah hasil konsumsi rumah tangga sehari-hari. 

Hal ini selaras dengan konsep “zero waste” dimana tujuannya adalah minimalisasi sampah yang dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang berpotensi menjadi racun, bermuara ke laut, dibakar, atau dikubur dan pada akhirnya berdampak buruk terhadap lingkungan.

Dalam rangka mendukung agenda pembangunan oleh pemerintah, yaitu Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDGs poin ke-12 dimana pengelolaan sampah yang berkelanjutan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab atas konsumsi dan produksi yang telah dilakukan. 

Mahasiswa Undip dalam kegiatan KKN mengajak warga RW V Kelurahan Candi, Kota Semarang untuk memaksimalkan kegiatan pengelolaan limbah rumah tangga melalui pembuatan pupuk kompos yang sudah berjalan di beberapa RW lain yang ada di Kelurahan Candi. 

Maka dari itu program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan langkah-langkah pengelolaan limbah rumah tangga yang mudah bagi warga RW V.

Penyerahan Leaflet, Produk Pupuk Kompos Padat dan Cair kepada Ketua RW V Kelurahan Candi. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

“Pemaparannya sangat jelas, praktis, dan mudah untuk dipraktekkan oleh keluarga di rumah masing-masing maupun secara bersama di ember yang telah disediakan di balai RW”, tutur Bapak Sugeng selaku Ketua RW V Kelurahan Candi.

Penulis: Yoel Ivan Odius, S1 Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Editor: Hendrik A. S.

Lokasi KKN: Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline