Lihat ke Halaman Asli

Yoedi Setiawan

Full-Time Mahasiswa

Berlatih Jurnalistik Dasar bersama Mahasiswa KKN Undip TIM 1 2020

Diperbarui: 13 Februari 2020   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Langenharjo, Margorejo, Pati Sebanyak 30 siswa-siswi SMP Negeri 1 Margorejo berkumpul di perpustakaan untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UNDIP TIM I 2020.

Pelatihan sendiri dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yang dilaksanakan pada hari Senin (27/1) yang difokuskan kepada pemberian materi umum mengenai nilai-nilai dalam sebuah berita, pengenalan 5W + 1H dan piramida terbalik dalam penulisan berita, dan etika yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis dalam menulis berita.

Sesi kedua dilaksanakan pada hari Jumat (31/1) yang difokuskan kepada praktek dan hasil siswa-siswi dalam membuat sebuah berita. Dalam prakteknya, siswa-siswi banyak mengangkat hal-hal yang sedang terjadi pada akhir-akhir ini seperti wabah virus Corona, meninggalnya pebasket Kobe Bryant, hingga bencana banjir yang terjadi akhir-akhir ini.

"adanya kelas dasar jurnalistik ini bertujuan untuk melatih siswa-siswi khususnya di SMPN 1 Margorejo ini untuk terbiasa menulis berita yang baik sesuai dengan nilai-nilai dan etika dalam jurnalistik agar ke depannya siswa-siswi dapat menjadi jurnalis yang handal" ujar Yoedi Setiawan, selaku pengisi materi dari KKN UNDIP Tim I 2020. "ke depannya, diharapkan pelatihan ini dapat menjadi awal bagi jurnalis-jurnalis cilik dalam melatih ilmu menulisnya." Tambahnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline