Lihat ke Halaman Asli

Yodi Wibowo

Profesi: ojek online dan Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Sastra Indonesia

Menilik Sejarah Tata Bahasa Yunani Kuno

Diperbarui: 21 Desember 2022   01:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hakikatnya perdebatan asal-usul bahasa sudah terjadi pada abad kelima sebelum masehi dizaman yunani kuno yang banyak menimbulkan spekulasi tentang bahasa. Pertentangan para ahli menjadi topik utama yang dibahas pada perkembangannya karena perdebatan bahasa berlangsung dari zaman ke zaman. Pada perkembangannya, bahasa diteliti tidak hanya antar ahli bahasa tetapi, juga diteliti oleh para ahli sejarah dunia. Nah, pada penelitian ini akan membahas lebih lanjut mengenai sejarah bahasa dari zaman yunani kuno hingga ke zaman berikutnya. Harapan dari informasi ini semoga menjadi penambahan wawasan kalian mengenai sejarah bahasa.

Yodi Wibowo, Mahasiswa Sarjana Sastra Indonesia, UNPAM.

Informasi Perkembangan Tata Bahasa Yunani Kuno

Dizaman yunani kuno diabad kelima sebelum masehi tata bahasa dianggap sebagai bagian dari filsafat karena dalam pengamatannya yang luas mengenai bahasa teratur atau tidak teratur. Penelitian awal mula bahasa terbagi menjadi dua kaum yaitu, kaum Anomalis dan Analogis kedua kaum ini memiliki perbedaan pandangan terhadap asal usul bahasa. Namun, pada pertentangan kedua kaum ini melahirkan istilah etimologi yang asal usul katanya dari kata etymo yang berarti benar atau nyata. Dengan seiring berjalannya waktu perkembangan tata bahasa dizaman ini juga mempengaruhi dizaman zaman yang lain, berikut adalah pengaruh tata bahasa yunani kuno dizaman yang lain :

1. Zaman Iskandaria
Dalam perkembangannya tata bahasa sangat berpengaruh dizaman ini, tetapi tidak lagi membahas perbedaan sudut  pandang mengenai tata bahasa melainkan para linguistik Iskandaria lebih tertarik kepada bahasa tulis. Contohnya, penerapan istilah Grammar dalam studi bahasa. Istilah kata grammar diambil dari bahasa yunani yang berarti seni menulis. Membahasa tenteang bahasa tulis, para ahli linguistik Iskandaria, tidak beranggapan bahwa ada perbedaan antara bahasa tulis dan bahasa lisan. Menurutnya perbedaan tersebut adalah pandangan yang keliru. Karena pada dasarnya bahasa tulis ada karena diucapkan dari lisan.

2. Zaman Romawi
Dengan berjalannya waktu perubahan mengenai tata bahasa tidak hanya berpengaruh dizaman Iskandaria tetapi juga berpengaruh dizaman ini terutaman bahasa Yunani. Namun, juga bahasa Latin yang menjadi faktor lain didalam perkembangannya terutama pada karya-karya  seni, sastra, dan ilmu pengetahuan. Dizaman ini tata bahasa lebih disudutkan sebagai alat bantu studi filsafat, kritik sastra, dan retorika. Contohnya, mengkaji karya sastra menggunakan ilmu pengetahuan filsafat. Namun, dizaman ini masih banyak kajian mengenai pertentangan pandangan antara kaum Naturalis dan Konvensional.

3. Zaman Abad Petengahan
Dalam perkembangan tata bahasa dizaman ini, bahasa Latin menjadi faktor utama didalam kajiannya karena bahasa Latin semakin tinggi kedudukannya dikehidupan masyarakat Eropa. Dengan perkembangannya, abad pertengahan menggunakan bahasa latin sebagai kajian kitab suci, komunikasi diplomasi, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, serta dalam dunia pendidikan. Diabad pertengahan ini tata bahasa menglami perubahan didalam perkembangannya. Contohnya, bahasa Yunani tidak dikaji lagi, melainkan lebih mempelajari bahasa latin sebagai bahsa terapan.

4. Masa Renaisans dan Sesudahnya
Dalam perkembangannya para ahli lingustik zaman renains menolak pandangan diabad pertengahan. Circerus merupakan tokoh utama dizaman ini ysng mencoba memperbaiki pandangan abad pertengahan mengenai perubahan bahasa menjadi yang terbaru. Dengan pandangan bahwa kesastraan kuno kalsik merupakan sumber dari perkembangan tata bahasa. Yaitu, lebih berkonsentrasi untuk mengumpulkan dan mempublikasikan naskah-naskah kuno yang disempurnakan dengan penemuan mesin cetak abad kelima belas dan menjadi kelancaran cetakan-cetakan baru naskah kuno klasik secara cepat.

Demikian informasi mengenai perkembangan sejarah tata bahasa yunani kuno yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang faktual. Dengan harapan semoga ilmu pengetahuan ini menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kamu!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline