Lihat ke Halaman Asli

Yodan Alela Hardisma

Mahasiswa/Universitas Jember/Fakultas Hukum

Program MBKM Memberi Kesempatan kepada Mahasiswa untuk Belajar dan Mengembangkan Diri Melalui Aktivitas di Luar Kelas

Diperbarui: 11 Januari 2023   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Perhimpunan Advokad Indonesia atau yang sering disebut dengan PERADI merupakan himpunan atau perkumpulan yang mewadahi para advokat-advokat di Indonesia. 

Organisasi ini didirikan pda tanggal 24 Desember 2004,menurut Pasal 32 ayat (4) UU Advokat),Organisasi Advokat harus terbentuk paling lambat 2 tahun sejak undang-undang tersbut diundangkan. 

Dalam organisasi ini terdapat banyak sekali para advokat didalamnya yang tedaftar yang siap untuk bekerja secara professional terarah dan terukur dalam membantu para klien dalam menghadapi permasalahan-permasalahan  hukum, dengan adanya Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari kemendikbud yang memiliki program Magang yang sebelumnya telah bermitra dengan Fakultas Hukum untuk menjebatani para Mahasiswa Fakultas Hukum untuk mengikuti kegiatan magang ini. 

Magang merupakan bentuk praktek kerja lapangan secara nyata agar mahasiswa bisa belajar secara praktek oleh senior-senior pada tempat magang sehingga mahasiswa dapat menerapkan secara langsung apa yang telah mereka dapat secara teori dalam pembelajaran dikampus dan mahasiswa dapat mengolah soft skill, membangun relasi dan kemampuan berkomunikasi dalam tempat magang.

Dokpri

Pada kegiatan program magang ini diikuti oleh salah satu Mahasiswa dari Fakultas Hukum yaitu Yodan Alela Hardisma sebagai mahasiswa aktif di Universitas Jember yang bertempat magang di PERADI Jember yang beralamat di Jl. Sumatra No. 86 A, Jember, Jawa Timur. Kegiatan Magang di PERADI dilaksanakan pada tanggal 24 agustus 2022 sampai dengan 15 november 2022, kantor PERADI beroprasional pada  di PERADI jadwal  kegiatan magang ini dilakukan selama satu semester. 

Pada hari pertama magang diberikan materi tentang sejarah dari PERADI yang dijelaskan oleh para advokat-advokat senior, lalu dilanjut dengan pengenalan struktur keanggotaan dalam PERADI dari pusat hingga keanggotaan DPC, tidak selesai dengan itu saja kami juga diberikan materi-materi seputar pekerjaan advokat antara lain pembuatan surat kuasa dalam materi ini kami diajarkan bagaimana cara pembuatan surat kuasa yang benar dan tepat mengingat pembuatan surat kuasa adalah suatu hal yang sangat mendasar yang harus dikuasi oleh seorang ahli hukum , pembuatan gugatan dalam pembuatan surat gugatan kami juga diajarkan oleh para advokat senior disana bagaimana cara membuat surat gugatan yang benar, pengarsipan arsip-arsip dalam pengarsipan berkas-berkas pengadilan ini kami di arahkan untuk mengarsipkan satu persatu berkas pengadilan dari tahun-ketahun untuk mempermudah dalam pencarian kasus pengadilan. 

Untuk bagian pelayanan juga diajarakan cara pendaftaran UPA (Ujian Profesi Advokat) karena pada saat kami magang bertepatan dengan diadakannya Ujian Profesi Advokat dan pada kesempatan tersebut kami juga diajarkan oleh para advkat seniar bagaimana cara memberi pelayanan yang baikdan benar  , pengambilan Kartu peserta UPA (Ujian Profesi Advokat) setelah para peserta ujian mendaftar akan ada pembagian kartu Ujian yang akan menjadi syarat mengikuti ujian advokat ,lalu kami juga melayani pengambilan KTA PERADI bagi para anggota PERADI yang telah resmi menjadi anggota PERADI.

Tidak sebatas dengan pemberian materi saja, namun kami juga dilibatkan berpraktek langsung kelapangan dalam hal ini kami diajak kedaerah Balung untuk melakukan investigasi dalam kasus sengketa tanah oleh salah satu advokat PERADI, dalam proses investigasi tersebut kami banyak mendapat pengalaman yang sangat berharga dimana orang awam tidak akan merasakan dan tau bagaimana cara seorang advokat menyelesaikan suatu permasalahan. 

Lalu kami juga diajak dalam mengikuti pengadilan oleh para advokat seacara langsung sehingga dapat mengetahui cara beracara dalam pengadilan. melalui kegiatan magang ini sangat banyak membantu mahasiswa atara lain melatih diri didalam dunia kerja, menjalin relasi dengan banyak orang, serta mempersiapkan mental sebelum menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline