Lihat ke Halaman Asli

Yoan Addin Ulya

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik! Tim II KKN Undip Buat Infografis Alur Pelayanan Administrasi

Diperbarui: 15 Agustus 2023   01:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Undip

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik! Mahasiswa TIM II KKN Undip Buat Infografis Alur Pelayanan Administrasi Desa Kepuh.

Nguter, Sukoharjo (14/07/2023) Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Efektivitas suatu sistem pemerintahan sangat ditentukan oleh baik buruknya penyelenggaraan pelayanan publik. Faktor yang membuat pelayanan public tidak berjalan dengan baik yaitu masalah structural birokrasi, kendala kultural berupa perilaku yang tidak mencerminkan pelayanan yang baik.

Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan Good Governance berupa penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab pada Senin, 14 Agustus 2023 Mahasiswa KKN TIM II Undip 2022/2023 membuat Infografis Alur Pelayanan Administrasi Desa Kepuh. Tujuan dari dibuatnya infografis ini adalah adanya transparansi berupa informasi sederhana yang dapat dipahami oleh masyarakat terkait alur dari pelayanan administrasi desa. Hal ini berguna demi menghemat waktu dan tenaga masyarakat yang memiliki kepentingan dalam administrasi, dan membantu perangkat desa dalam memberikan pelayanan informasi secara maksimal.

Program ini dijalankan dengan melakukan pengumpulan informasi terhadap beberapa perangkat desa mengenai alur pelayanan dan syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi pemohon, kemudian dibuat dalam satu papan informasi berupa stand banner yang diletakkan di depan Kantor Desa Kepuh. Dengan adanya stand banner alur pelayanan administrasi ini diharapkan mampu membantu masyarakat dalam memahami alur pelayanan dan informasi seputar persyaratan pengajuan pelayanan administrasi desa Kepuh.

Mahasiswa KKN Undip 

Penulis                                    : Risma Zulaichah - Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum

Dosen Pembimbing Lapangan:

  • Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.
  • Ir. Daud Samsudewa, S. Pt., M. Si., Ph.D., IPM
  • Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA

Lokasi KKN                           : Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

#P2KKN

#UNDIP

#KKNUNDIPTIM2

#LPPMUNDIP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline