Lihat ke Halaman Asli

YM. Lapu

Puisi, Merangkai Rasa Memeluk Jiwa

Citayam Fashion Week ; Fashion Sebagai Media Komunikasi Nonverbal

Diperbarui: 10 September 2022   04:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Citayam Fashion Week -(Foto: Hanafi/detikcom)

FASHION SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI NONVERBAL

Fashion dapat digunakan
sebagai lambang dalam
mengekspresikan diri, misalnya
dengan penggunaan jam tangan
mahal sebagai lambang kemapanan. Sebagai contoh, dalam menunjukan bonafiditasnya, para pebisnis lazimnya akan mengenakan busana lengkap seperti jas dan dasi, sepatu dll.

Pada komunikasi non verbal, dalam mengenakan fashion, kita juga dapat secara sadar memberikan pesan dan
makna-makna simbolik untuk
mengungkapkan apa yang ingin kita ungkapkan, bisa itu budaya, kritik sosial, dan kecintaan, dalam hal ini fashion, pakaian, dan busana merupakan cara yang digunakan manusia untuk berkomunikasi, bukan hanya sesuatu seperti perasaan dan suasana hati tetapi juga nilai-nilai, harapan-harapan dan keyakinan keyakinan dari suatu kelompok sosial.

Citayam Fashion Week yang sedang digandrungi remaja di kawasan SCBD Dukuh Atas Jakarta Pusat banyak mendapat sorotan publik. Menurut hemat penulis fenomena ini sebagai bentuk perlawanan dari masyarakat terpinggirkan karena mampu mendobrak sebuah peragaan busana yang biasanya dilakukan di catwalk oleh kalangan tertentu.

Dan yang bisa lenggak-lenggok di Catwalk bukan hanya yang berwajah glowing, Tinggi semampai, atau yang punya pakaian branded saja
Mereka mampu mendobrak dan membuat paradigma baru bahwa semua orang punya catwalk sendiri-sendiri, semua orang punya selera fashion sendiri.

TANGGAPAN PUBLIK

Viralnya Citayam Fashion week itu mengundang reaksi positif maupun negatif. Yang menyambut positif umumnya menganggap bahwa Bonge,Jeje,Roy dan teman-temannya kreatif memanfaatkan momentum dengan menciptakan kebiasaan baru. Mereka memadupadankan baju murah, dengan gaya anak-anak dari kalangan pinggiran kota.dan berlengak lengok di Catwalk (Zebra Cross)

Sementara sebagai  orang yang bereaksi negatif menganggap kegiatan memanfaatkan zebra cross sebagai catwalk itu mengganggu pengguna jalan.
Mereka dianggap lebay, cari sensasi dan memberi pengaruh negatif terutama ketika seorang cowok melenggak-lenggok seperti seorang cewek.

Viralnya Citayam Fashion week itu mengundang reaksi positif maupun negatif. Yang menyambut positif umumnya menganggap bahwa Bonge,Jeje,Roy dan teman-temannya kreatif memanfaatkan momentum dengan menciptakan kebiasaan baru. Mereka memadupadankan baju murah, dengan gaya anak-anak dari kalangan pinggiran kota.dan berlengak lengok di Catwalk (Zebra Cross)

Sementara sebagai  orang yang bereaksi negatif menganggap kegiatan memanfaatkan zebra cross sebagai catwalk itu mengganggu pengguna jalan.
Mereka dianggap lebay, cari sensasi dan memberi pengaruh negatif terutama ketika seorang cowok melenggak-lenggok seperti seorang cewek.

Dampak Langsung Citayam Fashion week 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline