Lihat ke Halaman Asli

Yismaya IsyabelMone

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Youtuber Aktor Diplomasi Hiburan Terbaik di Indonesia

Diperbarui: 15 Juni 2023   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Youtube merupakan sebuah media platfrom yang menyediakan berbagai bentuk maupun macam konten video. Penggunaan youtube telah meningkat pesat dari masa kemasa diiringi dengan banyaknya youtuber yang membuat video dan menguploadnya. Menurut data, pengguna youtube Indonesia menduduki peringkat ke empat terbanyak di dunia paa awal tahun 2023. Hal ini menandakan masyarakat Indonesia sangat antusias serta sering menggunakan platfrom youtube.

Melihat perkembangan youtube yang cukup pesat, dapat kita lihat bahwa platform youtube juga memiliki audience atau massa yang besar pula, bahkan jumlah massa yang berada di youtube dapat di track dan diketahui secara signifikan, hal ini sangat berpeluang untuk menarik perhatian publik, maka platform youtube saat ini juga digunakan sebagai platfrom untuk menarik simpati massa dan perhatian publik, tidak hanya publik regional namun juga dapat bersifat global karena cakupan youtube sangat luas dan tanpa batas. Maka dari itu youtube juga menawarkan jasa pengiklanan yang berkerjasama dengan google ads dalam membantu para brand dalam mempromosikan brandnya.

Jika dikaitkan dengan praktik kegiatan diplomasi, Youtuber dapat juga dikatakan sebagai aktor diplomasi namun bersifat non negara, hal ini dikarenakan youtuber juga memainkan perannya dalam keberlangsungan kegiatan diplomasi negaranya. Youtuber Indonesia memiliki reputasi yang cukup baik dalam melakukan kegiatan diplomasi Indonesia, banyak sekali contoh kasus youtuber Indonesia yang sukses berkarir sekaligus memberikan dampak citra positif Indonesia kepada publik global. Kegiatan diplomasi ini termasuk ke dalam diplomasi publik dimana berkenaan dengan massa yang luas dan global serta tertuju kepada publik.

Dalam pembahasan kali ini kita akan melihat bagaimana Youtuber Indonesia melakukan kegiatan Diplomasi Hiburan dalam kegiatan hiburan sekaligus menaikan citra positif indonesia dimata dunia serta memperlihatkan keunikan dan keindahan Indonesia.

Diplomasi Hiburan atau Entertainment Diplomacy merupakan sebuah kegiatan diplomasi yang didalamnya mengandung unsur hiburan yang dirangkap dan dikemas untuk tujuan menciptakan citra positif kepada khalayak umum. Diplomasi Hiburan dapat dilakukan oleh aktor negara, pemerintah, maupun aktor non negara, untuk zaman sekarang banyak kegiatan diplomasi yang dilakukan oleh aktor non negara, contohnya seperti artis, public figur, influencer, dan seperti yang kita bahas saat ini adalah youtuber.

Inti dari diplomasi hiburan ini adalah bagaimana cara untuk menghibur serta mencuri hati publik untuk menciptakan pandangan dan citra positif. Hiburan yang disajikan dapat beragam jenis dan penerapannya, ada yang berupa tayangan film, festival kesenian ataupun musik, festival makanan, hiburan lawakan, atau bahkan hiburan dalam banyak artian lainnya.

Melihat apa yang sedang menjadi trending topic saat ini, jika harus mengambil salah satu contoh studi kasus yang berhubungan dengan diplomasi hiburan, maka saya akan mengambil contoh dari youtube cannel "SHANTY DI CHINA", mengapa? Channel youtube ini sangat menarik, pertama, pemilik channel yaitu Shanty merupakan warga negara Indonesia yang tinggal dan menetap bersama suaminya yang merupakan warga negara China, kedua, ia sering membuat konten video hariannya tentang berjualan di truk makanan, makanan yang dijual bukan sembarang makanan.

Namun merupakan makanan khas indonesia yang berbeda setiap harinya, ketiga, respon masyarakat china terhadap makanan indonesia dan terhadap Shanty sebagai orang Indonesia merupakan sebuah social experiment dimana kita dapat melihat bagaimana orang China memandang Indonesia dan bagaimana tanggapan orang China mengenai Indonesia, yang keempat, konten video yang disediakan selalu memiliki jumlah viewers yang banyak serta dinantikan oleh masyarakat indonesia, nampaknya masyarakat indonesia pun antusias terhadap kehidupan orang China dan ingin mengetahui bagaimana reaksi orang China terhadap hal- hal yang berhubungan dengan Indonesia.

Dari sini dapat kita silhat bahwa apa yang telah dilakukan Shanty membawa dampak bagi Indonesia, boleh dikatakan bahwa ia merupakan seorang aktor diplomasi non negara Indonesia dalam kegiatan menyebarkan citra positif Indonesia. Pembawaannya dalam setiap videonya merepresentasikan sikap dan prilaku orang Indonesia. Dalam videonya sering kali mendapat respon positif masyarakat China, baik respon positif terhadap makanan Indonesia yang memiliki rasa yang cocok dan enak serta Dapat diterima oleh masyarakat China dan tehadap keramahtamahan orang Indonesia. 

Citra Indonesia sebagai negara yang ramah dan kaya akan makanan yang berbumbu dan memiliki khasiat bahkan makna dalam setiap makannanya sukses dibawakan oleh Shanty dengan video yang ia beserta keluarga kecilnya buat di China. Hiburan berupa konten video nyatanya berdampak dalam proses keberlangsungan diplomasi suatu negara, terutama Indonesia dimanata global.

Sebagai penutup, mungkin kita patut berbangga terhadap anak bangsa yang kreatif serta memiliki jiwa nasionalis yang tinggi terhadap bangsa, respon positif dunia terhadap suatu negara berdampak besar bagi keberlangsungan hubungan antar negara tersebut juga, dan lagi lagi memberikan keuntungan bagi banyak pihak. Semoga kedepannya youtuber indonesia bisa mencontoh kegiatan positif dari kreator youtube yang sangat menginspiratif ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline