Lihat ke Halaman Asli

Yika Amaliyah

Mahasiswa

Pemanfaatan Media Wordwall dalam Pembelajaran Matematika SMA

Diperbarui: 2 Oktober 2024   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi pembelajaran matematika SMA/dok. pri

Selasa, 16 Juli 2024, 6 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 dari Bidang Studi Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II)  di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Dalam kegiatan praktik mengajar,  mengintegrasikan teknologi menjadi sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik, memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif, dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Pada kegiatan PPL II di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mahasiswa praktikan menggunakan teknologi sebagai salah satu bentuk inovasi dalam melakukan kegiatan praktik mengajar. Salah satu media pembelajaran yang semakin populer di kalangan pendidik adalah Wordwall. Media ini menawarkan berbagai ragam aktivitas pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar dengan cara yang lebih menarik dan inovatif.

Apa itu Wordwall?

Wordwall adalah platform media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk merancang berbagai aktivitas pembelajaran yang interaktif dan permainan edukatif untuk peserta didik. Dengan pemanfaatan media Wordwall , guru dapat membuat berbagai jenis kegiatan pembelajaran, seperti kuis, teka-teki, dan permainan kata yang dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

https://wordwall.net

  

Wordwall menyediakan berbagai jenis template yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat aktivitas pembelajaran matematika yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Beberapa template yang populer digunakan dalam pembelajaran matematika antara lain yaitu:

1.  Open the box : peserta didik memilih kotak yang berisi pertanyaan matematika. Jika menjawab dengan benar, maka kotak tersebut "dibuka," dan peserta didik dapat melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. 

2. Match up :  peserta didik mencocokkan istilah atau konsep matematika dengan definisi atau gambar yang tepat untuk membantu memperkuat pemahaman mereka dalam belajar matematika.

3. Quiz : Menyusun kuis yang terdiri dari pertanyaan pilihan ganda, benar/salah, atau isian singkat. Quiz Ini dapat digunakan untuk menilai pemahaman peserta didik terhadap materi matematika yang telah dipelajari.

4. Spin the wheel: membuat roda putar yang dapat digunakan untuk menentukan pertanyaan atau aktivitas secara acak. Ini dapat membuat kejutan dan kegembiraan peserta didik dalam pembelajaran matematika. 

Dengan menggunakan beragam template pada media wordwall, guru dapat menciptakan aktivitas pembelajaran yang bervariasi dan menarik bagi peserta didik dalam pembelajaran matematika di sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline