Lihat ke Halaman Asli

Yohannes Krishna Fajar Nugroho

Video Editor dan Junior Public Relations

Letkol (Czi) Novi Kurniawan, ST: TNI Harus Tetap Netral

Diperbarui: 6 Oktober 2023   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Penerangan Kodim 1629/SBD 

Komando Distrik Militer 1629/SBD melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI di Lapangan Makodim 1629/SBD. Upacara ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim, Letnan Kolonel (Czi) Novi Kurniawan, ST. Bertindak sebagai Perwira Upacara, Kapten (Inf) Samuel Neno Guba, dan Komandan Upacara Upacara Letnan Satu (Kal) Sigit Gunarto.  Acara ini dihadiri oleh Bupati Sumba Barat Daya Drs. Kornelius Kodi Mete, Kepala Staf Kodim 1629/SBD Mayor (Inf) Idris, Wakapolres Sumba Barat Daya Komisaris Polisi I Ketut Mastina, Wakil Komandan Batalyon C Pelopor Brimob AKP Sigit, Kepala Kejaksaan Negeri Sumba Barat Daya Bintang Latinusa Yusvantare, SH, MH., Kepala Pengadilan Negeri Sumba Barat Ibu Ni Luh Swantini, SH,MH., Kepala Pengadilan Agama Kab. Sumba Barat. Hadir juga dalam acara tersebut, mantan bupati Sumba Barat Daya Markus Dario Talo, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama, Camat Kodi, Camat Kota Tambolaka, Para Kapolsek dan Perwira Jajaran Polres SBD, dan Ketua ORMAS LSWI.  

Upacara ini diikuti oleh sebanyak 3 Satuan Setingkat Peleton (SST) personel Kodim 1629/SBD, 1 SST Sat Brimob Batalyon C Pelopor, 1SST POLRES SBD, 1 SST Polisi Pamong Praja, dan 1 SST pelajar dari tingkat SMP dan SMA, serta Kelompok Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat. Kegiatan upacara ini dimulai pada Kamis (05/10) pukul 09:00 Waktu Indonesia Tengah. Dalam kesempatan ini, arbituren SEPA PK 2003 itu menyampaikan amanat dari Panglima TNI, Laksamana (TNI) Yudho Margono, SE, MM menyangkut spektrum ancaman kedepan yang semakin luas dan kompleks "Tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu perkembangan teknologi dan system pertahanan".

Lebih lanjut lagi, pria yang pernah bertugas di Detasemen Zeni Tempur (DENZIPUR) 11/ Mit Anim, Merauke menyampaikan pesan penting dari panglima TNI, agar setiap anggota TNI yang ada di bawah jajarannya selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Memegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI serta untuk menjaga kemanunggalan dan menjaga kepercayaan rakyat terhadap TNI, melaksanakan komitmen netralitas TNI untuk selalu mengikuti peraturan, pedoman dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan. Selanjutnya untuk menjalin komunikasi, Kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementerian dan Lembaga serta komponen bangsa lainnya demi tercapai stabilitas kemanan nasional yang aman, damai dan sejuk. Yang terakhir adalah pentingnya menjaga nama baik TNI dimanapun berada dan selalu ingat bahwa Tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.    

Mantan Guru Militer (GUMIL) di Pusat Pendidikan Zeni, Bogor ini juga menekankan bahwa TNI akan tetap netral di dalam kegiatan tahun politik 2024 mendatang. "Kami akan mendukung siapapun nantinya akan memimpin". Alumnus Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI AD (DIKREG SESKOAD) LVI tahun 2018 itu juga mengucap syukur bahwa progres pembangunan jalan dan sarana MCK dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa akan selesai pada 19 Oktober 2023 mendatang. Turut memberi sambutan dalam kegiatan ramah tamah Bupati Kornelius. Dalam sambutan tersebut dirinya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Kodim "TNI turut ambil bagian dalam pembangunan tujuh desa di Kabupaten Sumba Barat Daya"

Dalam acara ramah tamah dan potong tumpeng, mantan komandan Detasemen Zeni Bangunan 3/II, Jambi ini menyampaikan beberapa pesan penting diantaranya menyangkut sinergitas TNI-POLRI, Pemda, dan Instansi Pemerintahan lainnya dapat terus selalu berjalan sebagaimana yang diharapkan "Sehingga pembangunan di Kabupaten Sumba Barat Daya akan semakin baik kedepannya dan akan semakin maju".

Dalam acara ini juga dilaksanakan bakti sosial kepada 30 warga di wilayah Kodim 1629/SBD dan pembagian hadiah kepada pelajar tingkat SMP dan SMA yang mengikuti rangkaian perlombaan HUT ke-78 TNI yang diselenggarakan oleh KODIM 1629/SBD. Adapun jenis pertandingan yang dilombakan adalah: Mini Soccer tingkat SMP yang dimenangkan oleh SMP Negeri 1 Kota Tambolaka , dan Pendidikan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMA/SMK yang dimenangkan oleh SMK Negeri 1 Kota Tambolaka.

Dalam acara ini juga ditampilkan aksi karate bimbingan Kodim 1629/SBD, dan hiburan live music yang mengundang penyanyi setempat untuk memeriahkan acara HUT ke-78 TNI di Markas Kodim 1629/SBD. (yfn_26)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline