Apa itu pasar monopolistik?
Pasar monopolistik dapat diartikan sebagai sebuah pasar yang dimana terdapat banyak interaksi secara langsung antara produsen dan konsumen. Pada pasar monopolistik ini barang yang dijual/diproduksi memiliki berbagai macam bentuk dan manfaat produk. Perbedaan tersebut yang membuatnya terlihat lebik unik dibandingkan pasar persaingan yang lainnya dan merupakan ciri khas yang terdapat pada pasar monopolistik. Perbedaan bentuk dan manfaat barang itu dapat disebut sebagai diferensiasi produk ( Product Differentiation ).
Berdasarkan jenis pasar menurut strukturnya, Pasar Monopolistik dapat digolongkan sebagai Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Hal itu dikarenakan pada pasar persaingan tidak sempurna hanya terdiri atas sedikit penjual namun banyak pembeli. Meskipun memiliki sedikit penjual, pada pasar monopolistik ini para penjual akan selalu menawarkan satu jenis produk yang berkualitas sesuai dengan keinginan dan kenyamanan pembelinya. Perbedaan ini juga yang menjadi ciri khas pada pasar monopolistik, karena terdapat perbedaan antara setiap produk yang dijelaskan dan ditawarkan oleh penjualnya.
Faktor yang mempengaruhi
Pada pasar monopolistik, harga bukan merupakan faktor utama yang mempengaruhi penjualan, namun penjual dapat menentukan sendiri harga barang yang diminta, hal itu disebut sebagai harga penawaran. Faktor utama yang dapat digunakan sebagai daya tarik terhadap konsumen yaitu seperti kualitas produk, keunikan produk, bentuk kemasan, teknik marketing, dll. Dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi, produsen dapat memilih secara langsung produk yang diinginkan sesuai kebutuhan yang diperlukan.
Ciri -- ciri pasar monopolistic
Seperti yang disebutkan beberapa kali sebelumnya, pasar monopolistic memiliki ciri -- ciri sebagai berikut.
- Jumlah pembeli lebih banyak daripada penjual
- Terdapat keunikan dari barang -- barang yang dijual
- Kebebasan produsen untuk keluar masuk pasar
- Persaingan antara produsen yang tidak berdasarkan harga
- Terdapat perkembangan inovasi dan teknologi dalam produk
Keuntungan dari Pasar Monopolistik
- Produsen bisa masuk dan keluar pasar dengan bebas, sehingga jumlah produsen tidak terbatas dan dari perbedaan produsen dapat memberikan inovasi produk yang semakin berkualitas
- Konsumen dapat semakin selektif dalam memilik produk yang berkualitas sesuai kebutuhan
- Pasar monopolistic mudah dicari di daerah manapun, dikarenakan barang yang dijual berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari -- hari
Kelemahan dari Pasar Monopolistik
- Sebelum masuk pasar monopolistik, para produsen membutuhkan modal yang banyak untuk promosi produk, mempercantik kemasan, dan juga relasi yang banyak guna membantu mempercepat pemasaran produk.
- Seiring meningkatnya inovasi produk oleh berbagai perusahaan, maka biaya produksi pun akan meningkat dan berdampak pada kenaikkan harga produk yang akan dibeli oleh konsumen
- Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Sehingga apabila para produsen tidak memiliki modal yang cukup atau tingkat promosi yang luas maka produsen akan cepat keluar dari pasar monopolistic
Contoh dari Pasar Monopolistik
- Toko kelontong yang menjual berbagai alat bersih -- bersih, alat di kamar mandi, alat dapur, ataupun kebutuhan rumah tangga lainnya.
- Toko Obat yang menjual berbagai jenis obat sesuai kebutuhan kita
- Toko yang menjual jasa seperti salon, restoran cepat saji, butik pakaian,dll
- Supermarket, minimarket yang tersebar di tiap daerah maupun kota
Mengapa memahami keunikan yang ada pada pasar Monopolistik itu penting?
Alasan kenapa pentingnya kita memahami keunikan yang ada pada pasar monopolistik yaitu guna menambah wawasan kita terkait kondisi pasar yang berada disekitar kita. Kemudian, pemahaman ini juga dapat mendorong para calon -- calon produsen untuk dapat belajar mengenai persiapan apa saja yang harus dilkakukan sehingga terciptanya lapangan kerja yang baru, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, meningkatnya penjualan barang -- barang lokal, dan tersedianya barang dan jasa yang berkualitas sesuai keinginan.
Kesimpulan yang didapat bahwa pasar monopolistic merupakan pasar yang kehadirannya mudah dicari dan merupakan pasar yang menjual produk kebutuhan hidup sehari -- hari. Memiliki sedikit penjual sering kali membuat para pembeli memiliki kekuasaan penuh untuk meminta penawaran harga di pasar dan dengan kualitas yang terbaik, namun terkadang hal itu yang membuat konsumen puas dan berlangganan pada pasar tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H