Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Permainan Tradisional dalam Pendidikan Karakter Anak

Diperbarui: 24 November 2023   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pada era sekarang ini dimana kemajuan teknologi sudah sangat berkembang pesat yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum dalam berbagai bentuk seperti, akses belanja, akses pendidikan atau akses permainan. Dalam akses permainan banyak sekali permainan-permainan dalam bentuk game online yang dapat dinikmati oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

Dari kemajuan jaman tersebut banyak sekali pengaruh positif maupun negatif yang dirasakan oleh anak-anak antara lain pengaruh negatifnya banyak anak usia dini yang sudah dikenalkan dengan permainan dengan teknologi yang canggih sehingga anak-anak itu tidak pernah lagi mengenal permainan-permainan tradisional yang ada di daerahnya. Sehingga lambat laun permainan tradisional seakan terkubur seiring berjalannya waktu.

 Permaian tradisional yang dapat juga disebut dengan dolanan tradisional sekarang telah banyak ditinggalkan oleh masyarakat umum, khususnya anak-anak jaman sekarang terutama anak usia dini tidak pernah lagi mengenal permainan tradisional. Pada hakikatnya permainan tradisional memiliki karakteristik yang memiliki pengaruh positif pada perkembangan anak. Kata bermain bagi anak adalah refleksi pembebasan jiwa dari keterikatan dengan aturan orang tua.

Dalam kegiatan bermain anak akan bebas mengekspresikan kegembiraannya ide dan gagasannya serta berkomunikasi dengan teman sebayanya. Dengan kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak dengan teman sebayanya anak bisa belajar bersosialisasi dan juga bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

a. Rumusan Masalah

    Apa pengertian dolanan tradisional?

    Apa pengaruh dolanan tradisional dalam Pendidikan karakter anak?

b. Tujuan Penelitian

     Untuk mengetahui pengertian dari dolanan tradisional dan juga pengaruhnya terhadap Pendidikan karakter anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline