Lihat ke Halaman Asli

Arti Memaafkan yang Sesungguhnya

Diperbarui: 16 Juni 2019   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

MAAF...Pernah kah kamu mendengar kata maaf ? atau mungkin kamu pernah meminta maaf atau juga kamu pernah memaafkan.tentu dalam hidup ini kamu pasti pernah mengalami nya.mengapa kamu harus perlu meminta maaf dan memaafkan.saat saat kapan kata maaf sangat dibutuhkan ?  

Dan tahukah kamu,pahamkah kamu arti maaf yang sesungguh nya ? dalam KBBI kata maaf sendiri artinya adalah Pembebasan seseorang dari tuntutan,denda,dan sebagai nya karena suatu kesalahan,ungkapan permintaan ampun atau penyesalan.namun dari dalam hati kamu masing masing mungkin ada defenisi maaf tersendiri bukan ?

Ada suatau penelitian yang mengatakan bahwa hal yang paling sulit dilakukan manusia yaitu memaafkan dan minta maaf.Memang kata maaf itu sangat mudah diucapkan namun tidak  semuua orang bisa mengatakannya dengan keiklasan hati.permintaan maaf juga bukan hal yang menjadi sebuah keharusan namun tidak boleh disepelekan dan tidak boleh ditunda tunda.mulailah memaafkan dan minta maaf dari hal yang sederhana.

Memaafkan dan meminta maaf tentunya berbeda peletakan nya.kamu meminta maaf saat kamu telah atau tidak sengaja menyinggung,menyakiti,berbuat kesalahan dan juga menyusahkan oranglain tetapi ini cukup sulit.

Terkadang ketika kita sudah mengetahui dan menyadari kita bersalah kita enggan meminta maaf dan mengaku salah ,mungkin karena ego atau gengsi.dan kamu perlu memaafkan saat kamu disakiti,dibenci,dan semua hal yang dilakukan oleh orang lain disekitarmu yang merugikan fisik maupun batinmu.tentu memaafkan lebih rumit dari pada meminta maaf.

Terkadang rasa tidak berterima di dalam diri menghambat kata memaafkan keluar dari ketulusan hati mu.namun itu adalah hal yang harus kamu lawan,karena semakin kamu menyimpan dendam atau semakin kau tak mau memaafkan,maka akan semakin menambah rasa sakit dalam jiwamu,membuat mu gelisah dan tidak tenang ketika berjumpa atau mengingat hal itu.

Ingat lah ketika kamu melakukan kesalahan dan kamu memintamaaf dengan tulus,namun tidak pernah dimaafkan.rasa sakit,merasa bersalah akan timbul di hatimu.karena kamu juga pastinya tidak terlepas dari keadaan itu.Dan bahkan diagama mu pun diajarkan agar selalu lapang dada dan memaafkan.

  Meminta maaf sdan memaafkan bukan lah hal yang buruk.keuntungan dari memberikan maaf itu sendiri adalah kita memberikan jalan kepada seseorang untuk berbuat baik dan juga memperbaiki hubungan dan komunikasi .

Lalu bagaimana jika kamu telahh memaafkan tetapi orang itu tetap melakukan kesalahan yang sama atau mungkin kesalahan yang berbeda ?Jawabannya tetaplah lakukan bagian terbaikmu.mungkin engkau tau dalam pengajaran agama diajarkan untuk memafkan sebanyak 70 kali 7 kali.

Jadi mulai sekarang mulailah dan belajarlah untuk meminta maaf dan memaafkan orang orang terkasihmu,sanak saudara mu dan orang orang lain disekitarmu.karena kamu juga layak bahagia.sekain yang dapat saya bagikan semoga bermanfat dan semoga selalu bahagia,terimakasih :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline