Lihat ke Halaman Asli

Yessi Octavia

Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa UNTAG Surabaya Menginspirasi Orang Tua Mengenai Pengoptimalan Strategi dalam Penggunaan Gadget Bagi Anak di Program SOTH Rungkut, Surabaya

Diperbarui: 31 Agustus 2024   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Surabaya, 27 Agustus 2024 -- Seorang mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Yessi Octavia, telah menjadi fasilitator yang membawakan materi dengan apik dalam program  "Sekolah Orang Tua Hebat" yang diadakan di Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Dalam perannya sebagai fasilitator, Yessi berhasil menyajikan lima sub materi yang mendalam dan bermanfaat bagi peserta program pelatihan ini khususnya ibu-ibu.

Yessi, mahasiswa semserter lima jurusan Psikologi, secara aktif menginspirasi para orang tua dengan sub materi pertama yang membahas mengenai definisi gadget secara umum dan macam-macamnya. "Gadget adalah sebuah istilah dalam Bahasa Inggris yang mengartikan sebuah alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus seperti smartphone, laptop, komputer, smartwatch, dan lain sebagainya," ungkap Yessi yang menekankan pengertian dari gadget secara umum.

Dalam sub materi selanjutnya, Yessi menjelaskan kepada ibu-ibu peserta SOTH mengenai Dampak Positif dan Negatif dari Adanya Gadget Bagi Anak dengan memberikan penjelasan intensif dan memberikan kesempatan kepada ibu-ibu peserta SOTH untuk bertukar pengalamannya. "Jadi keponakan saya itu kan sering mengakses aplikasi tiktok, tetapi konten yang ditonton keponakan saya itu konten edukasi seperti membuat kreasi dan lain sebagainya. Itu juga termasukkan dampak positifnya? Nah untuk dampak negatifnya itu, kalau orang tua nya tidak mengawasi anaknya secara intens maka keponakan saya bisa mengakses konten-konten yang tidak sesuai umur," ujar bunda Ana selaku peserta SOTH.

Pada sub materi ketiga, Yessi menjelaskan mengenai Ciri-ciri Anak yang Mulai Kecanduan terhadap Gadget dengan menekankan ciri-ciri yang nyata apabila anak sudah mulai kecanduan. "Anak sering kali menghabiskan waktunya berjam-jam dengan gadget, anak mengalami gangguan tidur, seperti kesulitan tidur dan tidur larut malam, serta anak mengalami masalah kesehatan seperti mata cepat lelah, postur tubuh yang kurang baik seperti postur tubuh yang bungkuk," tuturnya.

Pada sub materi keempat, Yessi tidak hanya menyampaikan materi mengenai Pengawasan Orang Tua Untuk Anak dalam Penggunaan Gagdet saja. Melainkan juga memberikan pelatihan mengenai bagaimana cara mengatur durasi penggunaan gadget dan memeriksa histori penelusuran. Pelatihan diberikan dengan praktik langsung dengan melihat vidio tutorial dan penjelasan diikuti oleh ibu-ibu peserta SOTH.

Terakhir, Yessi memberikan wawasan mengenai dampak positif apabila orang tua telah berhasil menerapkan strategi dan pengawasan lebih dalam penggunaan gadget bagi anak. "Manfaat anak apabila dapat menggunakan gadget dengan bijak adalah anak dapat mengembangkan sikap disiplin diri yang baik, memiliki kemampuan sosial yang baik, meningkatkan kualitas tidur anak, dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola waktu penggunaan layar," tambahnya.

Peserta program "Sekolah Orang Tua Hebat" di Rungkut memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyempaian materi yang disampaikan oleh Yessi sebagai fasilitator yang mampu menyampaikan materi dengan jelas dan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta memberikan praktik langsung dalam pelatihannya. Ibu-ibu peserta SOTH sangat memiliki antusias yang tinggi terutama pada saat mempraktikan langsung strategi yang telah dijelaskan.

Dengan demikian, Yessi Octavia sebagai fasilitator Sekolah Orang Tua Hebat di Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya telah berkontribusi dalam meningkatkan kualits pengasuhan anak usia dini dan meningkatkan kesadaran bagi orang tua tentang pengasuhan yang efektiv dengan menerapkan strategi.

Program "Sekolah Orang Tua Hebat" di Rungkut diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi ibu-ibu peserta SOTH, serta mendorong peran aktif dan positif orang tua dalam mendukung perkembangan optimal anak-anak di masa depannya kelak.

Kontak Media:

Yessi Octavia

Mahasiswa Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Email: yessioctavia1024@gmail.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline