Lihat ke Halaman Asli

Listrik Itu..

Diperbarui: 1 Oktober 2015   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jadi beberapa waktu yang lalu, lewat social media seorang teman saya bercerita tentang layanan PLN di daerah tempatnya tinggal. Tentang pemadaman listrik yang tidak jelas berapa lama dan kantor listrik negara yang ditelpon tapi tidak ada yang menjawab.

Tanpa bermaksud membuat hatinya semakin panas, saya berkomentar dan mengatakan bahwa layanan PLN di daerah saya sangat bertolak belakang dengan kenyataan yang dihadapinya. Di daerah saya, rencana pemadaman listrik diumumkan lewat radio. Benar bahwa hari gini mungkin hanya segelintir orang yang masih setia mendengarkan radio. Tapi kalaupun mati lampu dan kita ingin tahu berapa lama pemadaman akan berlangsung, kita tinggal telpon 123. Petugas yang menjawab akan memberitahukan kira-kira jam berapa listrik akan kembali menyala. Dan sepanjang pengalaman saya, waktu yang mereka informasikan selalu benar bahkan biasanya lebih awal.

Selain pertanyaan tentang jadwal pemadaman listrik, kalau ada masalah kelistrikan di rumah kita juga tinggal telepon 123. Petugas akan menanyakan nomor pelanggan, kemudian menanyakan masalah yang kita hadapi. Lalu nggak ada setengah jam kemudian, petugas PLN sudah tiba di rumah untuk menangani masalah yang kita hadapi.

Saya punya pengalaman dua kali dengan layanan PLN yang datang ke rumah. Yang pertama di pagi yang masih buta banget. Tetap ada yang menjawab telepon saya dan petugas langsung datang ke rumah. Yang kedua di hari Minggu sekitar jam sepuluh malam. Sama, ada yang menjawab telpon dan petugas langsung datang ke rumah. Dan semuanya gratis. Tidak dipungut biaya apapun. Petugas yang menjawab telepon bahkan mengingatkan untuk tidak memberikan uang kepada petugas yang datang ke rumah.

Saya menceritakan pengalaman ini secara singkat di social media teman saya tersebut, dan mereka seperti tak percaya. Bahkan berkomentar bahwa hal tersebut seperti tidak terjadi di Indonesia :) Tapi ini benar di Indonesia, dan saya mengalaminya sendiri.

Tentu saja saya tidak bisa berbuat apa-apa dengan layanan PLN di daerah teman saya, saya hanya bisa berharap semoga daerah-daerah lain merasakan layanan yang sama dengan seperti yang saya alami. Dan semoga tidak sering mati lampu lagi ya di sana. Kalau di daerah saya sih udah jarang banget :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline