Lihat ke Halaman Asli

Wisata Budaya Kalimbuang Bori di Toraja

Diperbarui: 24 Oktober 2023   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Toraja yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan merupakan suatu suku yang terkenal dengan budaya adat istiadatnya, yang dimana suku Toraja ini sangat memiliki keunikan dalam merayakan upacara kematian atau yang biasa mereka sebut Rambu Solo'. Maka dari itu hampir banyak wisata yang ada di Toraja berkaitan dengan kematian dari masyarakat suku Toraja, yang dimana masyarakat Toraja ini memiliki keyakinan dan rasa hormat bagi jiwa-jiwa yang telah meninggal. Karena masyarakat suku Toraja ini percaya bahwa jiwa yang telah meninggalkan mereka merupakan leluhur mereka yang harus di hargai dan di hormati.

Salah satu destinasi wisata budaya yang ada di Toraja ini yakni wisata Kalimbuang Bori dalam wisata Kalimbuang Bori ini terdapat batu-batu menhir peninggalan megalitikum atau pada masa purbakala batu besar yang dimana terdapat 102 menhir yang berdiri dengan tegak dalam kawasan wisata Kalimbuang Bori atau dalam kawasan yang disebut Rante. Rante ini merupakan Kawasan upacara adat kematian (Rambu Solo) yang dilakukan oleh masyarakat suku Toraja dalam mengadakan upacara kematian.

Wisata Kalimbuang Bori ini berlokasi di Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara, yang diamana situs wisata Kalimbuang Bori ini terbentuk sejak tahun 1697. Bebatuan yang ada dalam wisata ini dulunya di bawa dari atas gunung oleh penduduk suku Toraja Ketika hendak mengadakan suatu uapacar adat Rambu Solo atau uapacara kematian suku Toraja yang dimana  terdapat ukuran batu yang berbeda-beda mulai dari yang kacil hingga yang besar hal tersebut dikarenakan karena adanya kelas sosial yang masih di pegang oleh masyarakat suku Toraja, misalnya untuk ukuran batu yang kecil itu merupakan batu dari kalangan orang menengah ke bawah dan untuk batu yang besar merupakan batu dari kalangan menengah ke atas.

Batu menhir yang berdiri dalam Kawasan wisata Kalmbuang Bori ini dikenal sebagai batu simbuang yang memiliki nilai dalam upacara adat kematian suku Toraja, maka dari itu  untuk membawa atau menempatkan batu simbuang ini tidak di sembarang tempat, yang dimana batu yang hendak di bawa ke rante ini harus melewati beberapa ritual tertentu sebelum dibawa dan di tancapkan dalam lokasi rante tersebut.

Dalam lokasi wisata Kalimbuang Bori juga tidak hanya batu menhir akan tetapi kalian akan menemukan beberapa bangunan rumah adat suku Toraja,serta kuburan batu suku Toraja.

dokpri

Wisata Kalimbuang Bori  ini merupakan salah satu dari sembilan yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dalam kategori budaya yang ada di Toraja Utara. Untuk tiket masuk wisata ini kamu hanya menyiapkan uang Rp 15.000, untuk biaya parkir gratis dan untuk menempuh perejalanan sekitar lima kilometer dari kota Rantepao, Ibu kota dari Toraja Utara.

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline