Lihat ke Halaman Asli

Yesaya Sentosa

Freelancer

Nasehat Terbaik Buat Kamu yang Ingin Terus Berkembang ala Prof. Richard Feynman

Diperbarui: 22 September 2023   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://twitter.com/ProfFeynman/status/1704851577868263795/photo/1

Prof. Richard Feynman dengan nama lengkap Richard Phillips Feynman  lahir pada 11 mei 1918, di new york, U.S dan meninggal pada 15 February 1988. Beliau adalah fisikawan teoritis asal amerika yang dianggap sangat cerdas, berpengaruh dan juga ikonik pada jamannya di perang dunia ke dua. Ia menjadi peraih hadiah nobel pada tahun 1965 bersama julian seymour,  dan tomonaga sin-itiro.  Atas karya utamanya dalam perluasa teori elektrodinamika kuantum.- teori interaksi antara cahaya dan materi. Pada saat itu kedua peraih hadiah nobel lain juga menghasilkan karya yang dianggap setara, namun teori feynman lah yang terbukti paling orisional dan luas jangkauannya. 

Berkat keberhasilannya itu, hingga saat ini banyak orang yang belajar dari bagaimana Prof. Feynman mendapatkan semuanya itu. Hingga terciptalah sebuah cara belajar bernama Teknik  Feynman.  Teknik ini dilakukan dengan mengajarkan kembali, apa yang telah dipelajari. Dengan mengajarkan kembali kepada orang lain, maka secara otomatis, yang memberikan pengajaran itu akan kembali mengulang apa yang dia pelajari ditambah dengan argumen baru yang muncul dari orang lain karena bertanya. 

Cara belajar atau Teknik belajar Feynman ini diketahui dari sebuah buku biografi berjudul, Genius: The Life Sciences of Richard Feynman karangan James Cleick. 

Disamping kehidupannya sebagai Saintis, ternyata Prof. Richard Feynman juga adalah seorang guru yang hebat. Bahkan saking dianggap hebatnya, beliau ini di juluki sebagai "The Greatest Explainer" karena dapat menjelaskan tentang teori-teori yang kompleks menjadi sesuatu yang sangat sederhana.

Nah, bagaimana Prof. Feynman dapat melakukan sesuatu yang luar biasa itu. Disamping karena dianugerahi sebuah pemikiran yang luar biasa cerdasnya, beliau juga adalah orang yang tidak pernah berhenti dari yang namanya belajar. Belajar sudah menjadi suatu kebiasaan beliau. Terkadang, menjadi cerdas itu dianggap berbeda. Apa beliau pernah merasa bosan dalam belajar? apa beliau pernah merasa khawatir atau membuat kesalahan? pastinya adalah iya dan itu sangat mungkin. 

ada banyak nasehat yang sering di katakan oleh beliau, namun disini saya memberikan 5 Nasehat yang dapat kamu terapkan jika merasa down dalam belajar atau mungkin kurang motivasi. Apa saja itu?

1. Don't be afraid of your uniqueness (jangan takut dengan keunikanmu)

Menjadi orang yang unik seperti memiliki keahlian, kecerdasan dan keterampilan yang luar biasa dari orang lain adalah suatu berkat. Tapi disamping berkat yang luar biasa itu, ternyata tidak sedikit orang yang menganggap itu sebagai keanehan. Seperti yang terjadi pada umumnya dengan seorang yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata, mereka akan cenderung menyendiri, suka bereksperimen aneh-aneh dan lain sebagainnya. Atau orang lain yang memiliki bakat menari, mereka sering melakukan gerakan-gerakan yang eksotis, namun karena gender(misalnya) mereka dianggap aneh. Banyak didunia ini, jenis-jenis kelebihan yang dimiliki oleh orang lain, namun dianggap sebagai suatu keanehan.

untuk itu Prof. Richard Feynman mengatakan, jangan merasa takut dengan keunikan yang kamu miliki. Mau seperti apapun keunikan itu. Kamu harus lebih berani, berani mengekspresikan dirimu. Untuk bisa menjadi seperti itu memang pertama kita harus mengetahui potensi terdalam dari diri kita, mengenali diri kita lebih dahulu.

2.  Do what you get the most pleasure from.  ( Lakukan apa yang paling kamu sukai)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline