Lihat ke Halaman Asli

Yesa Anggraita

UNIVERSITAS AIRLANGGA

Menggali Sebuah Keuntungan dari Sebuah Kebiasaan Memilah Sampah di Era 4.0

Diperbarui: 6 Juni 2022   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alliance/Wolfram Steinberg

                                       "MENGGALI SEBUAH KEUNTUNGAN DARI KEBIASAAN MENGELOLA SAMPAH DI ERA 4.0 

Dunia yang begitu keras membuat banyaknya sebuah perubahan dan percepatan yang harus kita lalui. Berada dalam dunia yang modern, semakin membuat banyak aktivitas yang dapat kita lakukan baik secara instan dan tenaga manual. Percepatan industri yang dapat kita lihat semakin kreativ juga dalam pengeloaan kemasan dari sebuah produk yang dihasilkan. 

Semakin banyak produksi suatu barang maka semakin banyak juga masalah yang ditimbulkan mengenai limbah sampah yang akan dihasilkan oleh perusaahaan Industri tersebut. Menurut Azwar (1990), sampah adalah sesuatu yang tidak dipergunakan lagi, yang tidak dapat dipakai lagi, yang tidak disenangi dan harus dibuang.

Perlu kita ketaui bahwa sampah yang kita hasilkan dari sebuah aktivitas sehari-hari terbagi menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik yaitu sampah yang bersifat basah dan sudah tidak terpakai lagi oleh pemiliknya, seperti sisa bahan alam ataupun bahan olahan manusia. 

Sedangkan sampah anorganik yaitu sampah yang bersifat kering dan berasal dari benda-benda non hayati, seperti botol plastik, kardus, kaca, bahkan kaleng bekas suatu minuman.

Untuk memupuk sebuah kebiasaan pasti dipengaruhi oleh sebuah fokus tujuan yang ingin digapai, sehingga menimbulkan dampak perubahan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Tanpa kita ketahui bahwa melalui kebiasaan memilah sampah dalam kehidupan sehari-hari membuat kita menjadi semakin kaya akan beberapa hal. 

Kekayaan yang dapat kita raih melalui kebiasaan memilah sampah dapat kita lihat malalui berbagai aspek seperti berdasarkan sudut pandang ekonomi, kesehatan, dan sosial.

 

  • Lalu apa saja keuntungan yang dapat kita raih melalui sebuah pemilah sampah ??

  1. Menambah Penghasilan Ekonomi 

Tanpa kita sadari bahwa ternyata sampah mampu menambah penghasilan ekonomi kehidupan sehari-hari kita, jika kita mampu menerapkan kegiatan pemilahan sampah dengan baik. Melalui kegiatan 3R kita mampu menggunakan sampah tersebut menjadi sebuah produk yang memiliki nilai rupiah tinggi untuk kita jual kembali, 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline