Lihat ke Halaman Asli

Denny Yerianto

Penikmat kopi dan teknologi

Memburu (Definisi) Hantu

Diperbarui: 14 Juni 2023   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Jika Anda percaya pada hantu, Anda tidak sendirian. Hantu adalah salah satu fenomena paranormal yang paling banyak dipercaya di dunia. Maka tidak heran bila film KKN Di Desa Penari menjadi film terlaris sepanjang masa di Indonesia dengan lebih dari 10 juta tiket terjual di bioskop tanah air.

Jika Anda percaya pada hantu, apakah (definisi) Hantu itu ?

Sejauh ini saya belum menemukan definisi hantu atau ghost yang disepakati secara global dari  berbagai literatur yang saya telusuri.  Padahal hantu itu konon katanya telah ada sejak jaman purba dulu dengan dibuktikan adanya goresan gambar (seperti ) hantu di goa-goa purba seperti di Sulawesi.

Beberapa menyebutkan bahwa hantu adalah roh orang mati. Kemudian Islam hadir di nusantara dan mengajarkan konsep jin dan setan. Orang yang mati tidak pernah kembali. Yang hadir menakuti manusia adalah Jin dan setan. Jadi apakah hantu itu Jin  dan setan ?

Yang jelas wujud hantu berbeda-beda. Wujud hantu menyesuaikan dengan budaya lokal. Hantu di Mesir berwujud (dan disebut) mummi. Di Mesir sekalipun negara Islam, tidak mengenal hantu pocong, yang ini hanya ada di Indonesia saja (sst sebentar lagi bakal ada film pocong buatan sutradara KKN Di Desa Penari)

Ada tapi tak berwujud. Ada tapi tak bisa definisikan. Mungkin begitulah definisi hantu haha.

-bersambung-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline