Lihat ke Halaman Asli

Mari Berkenalan dengan Michael Rechner, Pelatih Kiper Baru Bayern

Diperbarui: 8 Februari 2023   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: fcbayern.com

Pasca didepaknya Toni Tapalovic dari posisi pelatih penjaga gawang Bayern, akhirnya Bayern melabuhkan pilihannya kepada Michael Rechner sebagai pelatih kiper anyar mereka.

Mari kita berkenalan dengan pria yang menggantikan Toni Tapalovic ini.

Sebelum menginjakkan kaki ke Sabener Strasse, pria kelahiran Mosbach, Jerman Barat, 42 tahun silam ini adalah pelatih kiper dari klub Bundesliga lainnya yaitu Hoffenheim. Bayern harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendatangkannya, karena Rechner masih terikat kontrak dengan Hoffenheim.

Rechner memulai karirnya sebagai pemain bersama klub besar Jerman Hamburger SV pada tahun 1999. Namun Rechner hanya bermain bersama tim U-23 dari Hamburg di Regionalliga Nord. Bersama Hamburg U-23 dari tahun 1999-2001, Rechner mencatatkan 43 penampilan yang merupakan catatan penampilan terbanyak Rechner sepanjang karirnya sebagai seorang penjaga gawang.

Setelah itu, Rechner hijrah ke klub Regionalliga Sud, VfR Mannheim pada tahun 2002, kemudian kembali ke klub masa mudanya yaitu Waldhof Mannheim dan akhirnya pindah lagi ke klub Regionalliga, FC Sachsen Leipzig dari tahun 2003-2004.

Pada tahun 2004, Rechner memutuskan untuk berhenti dari karir profesionalnya dan mengambil studi sport science di Ruprecht-Karls-Universitat Heidelberg. Rechner berhasil menyelesaikan studi masternya ini dengan tesis yang berjudul The requirement profile and the modern training methodology of a goalkeeper

Sumber: torwart.de

Rechner kemudian diangkat menjadi koordinator dari posisi penjaga gawang di Hoffenheim yang terus mengantarkan karirnya naik. Tidak hanya diberikan kepercayaan dari internal Hoffenheim, namun juga ada kepercayaan dari luar, seperti dipercaya untuk mengkoordinir pelatihan penjaga gawang klub-klub Bundesliga dan berpartisipasi dalam proyek pilot dari DFB yaitu Lisensi A Kepelatihan Kiper UEFA. Ia juga sudah memiliki lisensi A pelatih UEFA.

Tidak hanya sebatas menjadi pelatih kiper sebuah klub, Rechner juga bisa dibilang berjasa untuk membangkitkan kiper-kiper yang potensial. Salah satu contoh nyatanya adalah kiper utama Hoffenheim Oliver Baumann.

Oliver Baumann (sumber: spiegel.de)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline