Lihat ke Halaman Asli

Indonesia dan Facebook

Diperbarui: 26 Juni 2015   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia dan Perkembangan Internet

Dewasa ini perkembangan akses masyarakat kita ke dunia maya makin meningkat tajam. Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna internet terbesar kelima di dunia pada tahun 2010 (maiwanews.com, september 2010).

Indonesia bahkan saat ini tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna Opera tertinggi. Data yang dirilis Opera menunjukkan perkembangan yang cukup bagus dari Januari 2010 yang lalu. Semenjak Januari 2010 page view di Indonesia tumbuh 29,2%, unique user tumbuh sebesar 49,2%, dan data yang ditransfer tumbuh sebesar 55,7% (kompasiana.com/kimi_raikko78, Februari 2011).

Penelitian lain melalui Net Index Study 2010 yang dilakukan oleh Yahoo dan TNS memberikan hasil bahwa pada tahun 2010, tercatat lonjakan pengguna internet via ponsel di Indonesia meningkat tajam dari tahun 2009 yang sebesar 22% menjadi 48 % di tahun 2010 dan hal ini membuat Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara terbesar dan tercepat dalam pertumbuhan pengguna internet di Asia Tenggara (ratihsubagyo.blogspot.com, Januari 2011).

Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masyarakat kita tidak lagi gaptek. Era globalisasi yang berkembang pesat memicu segala hal dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Internet menjembatani masalah ruang dan waktu. Orang-orang bahkan tidak perlu lagi ke bank untuk melakukan transaksi, cukup dengan media internet banking semua transaksi bisa dilakukan.

Indonesia dan Facebook

Facebook adalah sebuah situs jaringan sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004. Pada awalnya, Facebook dengan situs www.facebook.com yang sebelumnya bernama thefacebook dengan situs www.thefacebook.com digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa Universitas Harvard. Namun setelah beberapa waktu, target pengguna adalah seluruh mahasiswa dan masyarakat umum (Qdoy Sadiyo Sugita, facebook.com/qdoyss, 2011)

Facebook menjadi situs terlaris dan terpopuler yang paling banyak dikunjungi oleh para pengakses internet di Indonesia. Situs jejaring sosial ini seperti mewabah di kalangan anak muda bahkan sekarang merambah ke semua kalangan usia. Bahkan saking digandrunginya facebook ini, kantor-kantor dan perusahaan-perusahaan sampai melakukan pemblokiran terhadap akses ke situs ini di jaringan komputer kantorkarena dikhawatirkan para karyawan akan asik ber’facebook ria daripada menyelesaikan pekerjaannya.

Facebook menjadi diminati karena menampilkan fitur-fitur yang lebih menarik dilengkapi denganberbagai game yang ditawarkan di dalamnya. Facebook mulai menggeser Friendster (jejaring sosial yang sempat populer sebelum Facebook) pada akhir tahun 2008. Keunggulan-keunggulan Facebook telah menyedot animo masyarakat untuk bergabung dan mengakses situs ini. Akhirnya tahun 2009 menjadi tahun kejayaan Facebook di Indonesia. Padahal sampai pertengahan 2007, Facebook belum begitu diminati oleh masyarakat di Indonesia dan masih didominasi Friendster.

Saat ini tercatat jumlah facebooker Indonesia jauh melebihi pengguna di Singapura dan Malaysia. Bahkan Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 2006, yaitu 150 juta orang (sekitar 700 ribu orang berasal dari Indonesia). Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya.

Selain itu, menurut Opera yang dilansir Cellular News, Rabu (27/1/2010), situs jejaring sosial Facebook kembali menorehkan catatan manisnya sebagai situs paling popular. Menurut data yang dikeluarkan Opera, pengakses Facebook melalui ponsel melonjak sebesar 600 persen selama 2009 lalu (griya-informasi.blogspot.com, Januari 2010).

Sampai saat ini Indonesia tercatat sebagai pengguna Facebook ke-3 terbesar di dunia (27,3 juta) setelah Amerika dan Inggris (teknojurnal.com, Februari 2011).

(Yeremia Gunawan, 3 Maret 2011)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline