Lihat ke Halaman Asli

Sardjito Ibnuqoyyim

Buruh Pendidikan yang tak jelas

Asyiknya Berteori Konspirasi sehingga Lupa Jumlah Korban Terus Bertambah

Diperbarui: 19 Mei 2020   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

infobudaya.net

Masih ingatkah kita dengan teori konspirasi bumi bulat maupun datar? Kita tentunya tidak akan tahu tanpa melalui pengalaman melihat dan merasakan. Melihat bisa mengatakan apa yang dilihat dan begitu pula dengan apa yang dirasakan. 

Ini hanya persoalan pengalaman, tapi ketika memasuki dunia kepercayaan, maka sirnalah persoalan pengalaman tersebut. Nuansa ilmiah dan objektif kita pun menjadi hilang dan tak sebanding dengan orang-orang yang hanya berdiam diri. 

Mereka yang berdiam diri ternyata sedang asyik memanjakan mata mereka di depan layar gadget yang mereka miliki. Namun, ini tergantung dari arti keasyikan yang kita pahami. Misalnya, bermain mobile legend tanpa batas waktu yang ditentukan sampai harus lupa bersosialisasi di dalam rumah.

Namun, apa bedanya keasyikan berteori dengan keasyikan bermain? Ini jelas sangat berbeda, paling tidak bermain mobile legend memiliki aspek sosial yang dimana kita harus membutuhkan teman untuk bermain. Bermain jelas tidak mesti serius atau bahkan mempengaruhi orang banyak. Inilah perbedaannya.

Keasyikan berteori konspirasi adalah keasyikan kita percaya sesuatu dan persoalan bagaimana orang lain juga ikutan percaya. Namun, pada awalnya kita harus mencari dahulu apa yang membuat kita percaya, dan mengapa begitu penting untuk orang lain percaya. Di sinilah teori konspirasi akan menciptakan viralismenya.

Terjadi viralisasi dan banyak orang memperdebatkannya. Bumi datar atau tidak berubah menjadi persoalan kepercayaan. 

Yang menariknya lagi, jika kita menemukan orang yang tak mau menerima argumentasi orang lain. Ini terkait dengan diri sang teoritikus. Dia memilih dunianya sendiri ketimbang mencari kebenaran. Namun, bukan berarti kita mengabaikan sumbernya.

Biasanya apa yang kita lihat di depan layar berbeda dengan apa yang kita lihat di dunia nyata. Apa yang kita lihat di depan layar kita hanyalah berupa layar tanpa memperlihat fisik nyata dari yang seharusnya. 

Kita bisa melihat bagaimana corona pada awalnya dikatakan sebagai "tentara tuhan". Ini berlaku bagi sebagian orang. Padahal kita tak tahu menahu apakah itu memang tentara tuhan seperti yang dikatakan. 

Tidak ada bukti fisik yang menyatakannya. Yang ada hanyalah asumsi yang dihasil dari kesimpulan subjektif di depan layar. Namun, lebih dalamnya lagi, apa yang kita lihat di depan layar biasanya bersifat menghibur. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline