Apa dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi?
Visi saya sebagai seorang guru adalah "Membina karakter dan disiplin positif berdasarkan Profil Pelajar Pancasila".
Apa yang menjadi visi saya tersebut yaitu membina dalam KBBI mempunyai arti :
bina1/bi*na/ v, membina/mem*bi*na/ v 1 membangun; mendirikan (negara dan sebagainya): kita bersama-sama - negara baru yang adil dan makmur; 2 mengusahakan supaya lebih baik (maju, sempurna, dan sebagainya): - bahasa Indonesia, berarti ikut - bangsa Indonesia;
sedangkan karakter menurut KBBI : karakter n 1 tabiat; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain;
Adapun disiplin positif merupakan pendekatan mendidik anak untuk melakukan kontrol diri dan pembentukan kepercayaan diri
Jadi membina karakter dapat diartikan membangun atau mengusahakan akhlak atau budi pekerti supaya lebih baik dengan pendekatan disiplin positif untuk melakukan kontrol diri dan pembentukan kepercayaan diri.
Mengapa harapan saya tersebut penting untuk dijadikan visi ?
Visi merupakan awal dari usaha untuk menggapai sesuatu yang kita impikan. Visi memberikan arah dan motivasi untuk meraih perubahan yang diimpikan atau dicita-citakan.
Sebagai seorang guru, terlebih guru penggerak tentu memiliki visi. Visi dari guru penggerak adalah mewujudkan anak-anak Indonesia yang memiliki profil pelajar Pancasila. Yaitu pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mandiri, inovatif, berkebhinekaan global, mampu hidup bergotong royong, serta mampu bernalar kritis.
Untuk mencapai visi tersebut, tentunya guru harus memiliki nilai yang melekat dalam dirinya. Nilai-nilai tersebut adalah mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Di samping nilai-nilai tersebut, seorang guru penggerak juga harus memainkan perannya dalam dunia pendidikan yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, mampu menggerakkan kelompok-kelompok praktisi, mampu menjadi coach atau pelatih bagi guru-guru lain, mampu mendorong kerja sama antar guru, dan mendorong kepemimpinan yang berorientasi pada murid.