Lihat ke Halaman Asli

Lebih Bagusan Mana, Permainan Dulu atau Sekarang?

Diperbarui: 28 September 2015   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk sebagian besar orang yang hidup di era 90-an akan menganggap bahwa permainan tradisional lebih hebat dibandingkan permainan zaman sekarang, benarkah seperti itu? Mari kita ulas sebentar.

Permainan merupakan media atau sarana paling mudah bagi orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai baru secara menyenangkan dan mudah diserap untuk anak-anak. Sebelum usianya siap untuk bersekolah, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Untuk itulah sudah sewajarnya orang tua memilah dan memilih jenis permainan yang cocok atau sesuai dengan tahap perkembangan si kecil agar proses belajar bisa berjalan secara maksimal.

[caption caption="Permainan Dulu"][/caption]

 

[caption caption="Permainan Sekarang"]

[/caption]

Setiap permainan tentunya mempunyai manfaat dan tujuan tertentu, dan macamnya ada banyak sekali.

  • Permainan yang menirukan perbuatan orang dewasa atau Mainan tentang aktivitas sehari-hari

Fungsi dari permainan dengan jenis ini adalah untuk melatih kreativitas serta kemampuan bersosialisasi yang baik. Selain itu mainan-mainan ini juga dapat digunakan untuk mengenalkan dan mendekatkan mereka pada kehidupan sehari-hari di sekitar mereka.

90an : Main pasar-pasaran, membuat rumah-rumahan dari kain, membuat pakaian boneka dari kertas, main dokter-dokteran, main sekolah-sekolahan, masak-masakan, main perang-perangan, dan lainnya.

Sekarang: Permainan bisnis dengan kartu monopoli, membuat rumah/bangunan dari mainan balok, seperti Lego dan membangun sebuah kota dengan games SimCity, mengganti-ganti pakaian boneka dan merancang fashion boneka/atau foto wajah kita dengan games-games fashion, main dokter-dokteran dengan peralatan kedokteran mainan, main masakan-masakan, main games battle, games mengemudilan pesawat, dan lainnya.

  • Permainan yang melatih kecakapan dan kekuatan fisik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline