Lihat ke Halaman Asli

Yeni Rismawati

Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa UNEJ Lakukan Pendampingan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Jamu Tradisional

Diperbarui: 5 September 2021   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Desa Pesanggaran merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Krajan, Ringinagung, Ringinmulyo, dan Ringinsari. 

Mayoritas pekerjaan masyarakat di desa Pesanggaran yaitu sebagai petani dan nelayan. Hal tersebut di karenakan masih luasnya lahan pertanian dan juga lokasi dari desa Pesanggaran yang dekat dengan laut. Hasil dari sektor pertaniannya pun juga beragam, mulai dari tanaman buah (buah naga, jeruk), bahan pokok (padi, jagung), sampai pada tanaman perdagangan (jahe, tebu).

Pada masa pandemi Covid-19 seperti ini, mata pencaharian yang paling terganggu yaitu pada sektor pertanian. Hal tersebut dapat dilihat dari harga penjualan hasil pertaniannya yang tidak stabil. Bahkan pada musim panen raya, harga dari hasil pertaniannya sangat rendah. 

Salah satu contohnya yaitu pada saat musim panen raya padi, harga dari padi yang biasanya 5200 rupiah per kilonya menjadi 3800 rupiah per kilonya. 

Oleh karena itu, untuk menambah penghasilan rumah tangga, banyak masyarakat yang melakukan usaha sampingan yaitu mencoba berbagai jenis bisnis online mulai dari penjualan makanan, pakaian, barang elektronik, dan lain sebagainya.

Salah satunya yaitu ibu Siti Nuriyah, warga Desa Pesanggaran dengan pekerjaan utamanya adalah sebagai seorang petani. Semenjak adanya pandemi, ibu Siti Nuriyah mencoba usaha jamu tradisional sebagai usaha sampingannya. 

Tanpa disangka, usaha jamu tersebut ternyata sangat dimininati masyarakat dan dapat membantu penghasilan keluarganya.

Dokumentasi Pribadi

Usaha jamu tersebut banyak diminati masyarakat dikarenakan masyarakat sekitar masih sangat mempercayai khasiat dari jamu tradisional. Jamu milik ibu Siti Nuriyah juga memiliki berbagai macam jenis jamu, mulai dari jamu pegal linu, penambah napsu makan, sampai dengan jamu penambah daya tahan tubuh. 

Selain itu, untuk meminimalkan modal pembuatan jamu, Ibu Siti Nuriyah juga memanfaatkan sebagian lahan pertaniannya untuk menanam beberapa tumbuhan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline