Lihat ke Halaman Asli

Yeni Restuti Cahyani

Mahasiswa Management Undip

Tingkatkan Literasi Finansial, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan Investasi Reksadana Pada Warga Kelurahan Karangtempel

Diperbarui: 13 Agustus 2022   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Investasi Reksadana (Dokpri)

Semarang (31/07) Saat ini, investasi masih sering disalah artikan berkaitan dengan pinjaman online maupun pinjaman lainnya, hal ini mengakibatkan kurangnya ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi . Berdasarkan pernyataan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) masyarakat indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan.

Dalam membasmi kesalahpaham tersebut  dilakukan pemberian edukasi mengenai literasi finansial melalui investasi reksadana. Mengingat bahwa  literasi finansial merupakan hal yang perlu dipahami karena berguna dalam meminimalisir kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan individu maupun perekonomian di Indonesia.

Melihat akan permasalahan tersebut, Yeni Restuti Cahyani, Program Studi Manajemen, salah satu Anggota Tim KKN II Universitas Diponegoro periode 2021/2022 memberikan edukasi mengenai literasi finansial melalui investasi reksadana bagi pemula kepada warga RT 06 / RW 03 di Kelurahan Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada hari minggu (31/07/2022), pada warga sekitar yang mengikuti acara Bank Sampah.

Poster  (Dokpri)

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan bantuan poster serta mini booklet sebagai media pemberian informasi dan penjelasan umum mengenai investasi.  Kegiatan ini bersesuaian dengan poin ke 1 dan 10 SDG’s tentang menghapus kemiskinan dan mengurangi kesenjangan.

“Pemberian sosialisasi seperti ini dapat membantu saya membaca lebih lanjut tentang keuangan khususnya pribadi maupun keluarga saya, dan memberikan peluang kepada saya untuk memulai investasi dengan modal yang kecil tetapi berkelanjutan.” Ujar Bu Puji saat melakukan edukasi setelah mengikuti acara Bank Sampah.

Dengan adanya program ini diharapkan warga kelurahan Karangtempel  memiliki bekal yang cukup dalam literasi keuangan khususnya memulai literasi keuangan melalui investasi reksadana.

Penulis: Yeni Restuti Cahyani

Editor: Abdi Sukmono, S.T., M.T

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline