Lihat ke Halaman Asli

5 Jenis Kulit Wajah yang Wajib Anda Ketahui

Diperbarui: 30 September 2021   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel


JAKARTA -  Mengidentifikasi jenis kulit wajah adalah hal yang peting untuk memulai perawatan kulit. Ada 5 jenis tipe kulit pada wajah, untuk itu gunakan deskripsi berikut ini untuk menentukan kecocokan yang sempurna agar dapat merawat kulit dengan benar.

KULIT KERING
Kondisi kulit akan terasa kering dan kulit terasa kusam, akan terlihat garis halus di sekitar mata atau bibir anda. Kulit yang kering butuh produk yang memberikan kelembapan pada kulit. Bisa juga gunakan sheet mask dengan menggnakannya seminggu 2 kali agar kulit tetap lembut serta mengurangi munculnya garis halus atau kerutan pada wajah.

KULIT NORMAL
Kulit wajah yang normal adalah kulit yang seimbang, mulai dari kelembaban dan hidrasi, tekstur seragam dan sensitivitas minimal.  Untuk menjaga kulit agar tetap normal anda harus tetap terhidrasi dengan minum yang cukup, gunakan pembersih dan pelembab yang cocok dengan kulit normal.

KULIT KOMBINASI
Kulit kombinasi adalah campuran dari kulit kering dan kulit berminyak, pada zona-T di wajah ada namanya kelenjar minyak yang lebih aktif. Biasanya kulit kombinasi mempunyai ciri-ciri disekitar dagu, hidung, dan dahi, serta kulit normal-kering di pipi, rahang, dan garis rambut. Merawat kulit kombinasi lebih baik harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing area kulit. Gunakan perawatan kulit yang berbeda untuk mengontrol minyak berlebih di area zona-T dan menggunakan pelembab pada area kulit kering.

KULIT BERMINYAK
Kondisi kulit berminyak biasanya lebih berkilap, memiliki pori-pori besar, dan sangat rentan terkena jerawat. Manfaat memiliki kulit berminyak tidak mudah untuk terlihat garis halus, namun harung sangat diperhatikan dalam merawat kulit yang berminyak dengan menggunakan produk yang bisa

KULIT SENSITIF
Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang mempunyai pori-pori halus, biasanya sangat mudah terkena iritasi atau kemerahan pada kulit. Kulit sensitif juga memunyai sifat yang genetik dan juga bisa diakibatkan karena pola makan yang buruk, hormon tidak seimbang, perubahan cuaca. Perawatan kulit sensitif harus menggunakan produk yang dapat menenangkan dalam penyembuhan dan meringkan gejala.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline